Gubernur Koster Harap Transformasi Manajemen ASN Wujudkan Birokrasi Dinamis - Dewata News

Breaking News

7/1/21

Gubernur Koster Harap Transformasi Manajemen ASN Wujudkan Birokrasi Dinamis

 

Badung, dewatanews.com - Gubernur Bali Wayan Koster didampingi Sekretaris Daerah Provinsi Bali Dewa Made Indra menghadiri Rakornas  Kepegawaian yang diselenggarakan di Hotel Westin, Nusa Dua Badung, Kamis (1/7).

Mengawali sambutannya, Gubernur Koster menyampaikan apresiasi atas dipilihnya Bali sebagai tempat penyelenggaraan Rakornas dan menjadi suatu kehormatan bagi  Bali, untuk turut menjadi bagian penting dari proses transformasi manajemen ASN menuju birokrasi yang dinamis.

Orang nomor satu di Bali ini menyampaikan bahwasannya sesuai dengan tema Rakornas tahun ini, yakni 'Transformasi Manajemen ASN Menuju Birokrasi yang Dinamis' sangat penting dalam upaya memperkuat koordinasi dan konsolidasi dari seluruh pengelola kepegawaian dalam lingkup instansi pemerintah hingga terwujud sinergisitas menuju peningkatan kualitas layanan kepegawaian. 

 

Dalam upaya mewujudkan birokrasi dalam kondisi tatanan kehidupan baru (new normal), sangat  perlu dilakukan penguatan sejumlah pilar profesionalitas SDM ASN, simplifikasi kelembagaan, pelayanan publik yang prima, tata laksana dan akuntabilitas, serta kebijakan publik berbasis data. 

 

Untuk itu, aspek utama dalam transformasi manajemen ASN adalah adanya pola kerja baru jabatan struktural dan fungsional yang saling mendukung dan pemanfaatan teknologi untuk mempercepat transformasi manajemen sekaligus meningkatkan produktivitas, monitoring dan evaluasi.

"Terlebih di tengah situasi pandemi Covid-19 saat ini, ASN harus bisa mengikuti dan beradaptasi dengan segala perubahan yang ada. Seorang ASN harus berani berubah ke arah yang lebih baik lagi, sehingga terwujud pelayanan publik yang prima dan birokrasi yang dinamis dan adaptif," imbuhnya.

Dalam sambutannya, Ketua DPD PDIP Bali ini juga mengajak para peserta Rakornas yang datang dari seluruh Provinsi di Indonesia ini untuk meluangkan waktu dan melupakan sejenak kesibukan di daerah masing-masing, untuk menikmati alam Pulau Dewata, dengan mengunjungi beberapa objek wisata, menyaksikan beberapa atraksi seni-budaya, serta berbelanja berbagai hasil kerajinan masyarakat Bali. “Hitung-hitung, Bapak-Ibu peserta semua  menyumbang devisa bagi pariwisata Bali dan mendorong berkembangnya UMKM di Bali, “ tuturnya.

Sementara itu, Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin yang hadir secara virtual dalam sambutannya menyampaikan, saat ini Indonesia menghadapi dua tantangan besar dalam birokrasi. Tantangan pertama yaitu kondisi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung, dan menuntut adanya perubahan tatanan pola kerja baru aparatur sipil negara (ASN), serta tantangan yang kedua adalah dinamika persaingan global seiring era Revolusi Industri 4.0 saat ini yang menuntut pengelolaan dan pengembangan manajemen ASN yang lebih profesional dan berdaya saing.

"Tema Rakornas kali ini sangat tepat dan sejalan dengan upaya pemerintah menjawab dua tantangan besar birokrasi saat ini. Reformasi birokrasi yang dilakukan pada dasarnya bertujuan menciptakan birokrasi pemerintah yang profesional dengan  karakteristik  berintegritas, berkinerja tinggi, bersih dan bebas dari korupsi, kolusi, dan nepotisme," katanya.

Wapres  Ma'ruf Amin juga meminta agar  kementerian/lembaga dan pemerintah daerah (pemda) yang belum melakukan reformasi birokrasi agar segera melaksanakannya. Hal ini disebabkan, penyederhanaan birokrasi yang  merupakan salah satu arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) merupakan strategi untuk meningkatkan kinerja birokrasi yang ditekankan pada tiga aspek meliputi transformasi organisasi, transformasi manajemen kinerja, dan transformasi jabatan. 

 

Untuk itu, Wapres  meminta agar Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB), BKN, Lembaga Administrasi Negara (LAN), seluruh kementerian/lembaga dan pemerintah daerah melaksanakan langkah-langkah yang diperlukan agar transformasi organisasi, transformasi manajemen kinerja, dan transformasi jabatan dalam kerangka reformasi birokrasi dapat terwujud yang salah satunya dengan  percepatan peralihan jabatan struktural ke jabatan fungsional.

Acara ini dihadiri pula oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Tjahjo Kumolo, Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim yang hadir secara virtual, Kepala Daerah se- Indonesia serta Kepala OPD terkait  juga diisi dengan pementasan sejumlah kesenian daerah seperti Tari Kecak, Tari Perahu (Papua), serta pengumuman penerima BKN Award 2021.

Acara yang berlangsung dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat ini, juga diisi dengan penampilan yang sangat apik dari pendamping Gubernur Bali, Ny. Putri Koster yang berkolaborasi dengan SMK 5 Denpasar yang membawakan puisi “Sumpah Kumbakarna “ yang mengundang decak kagum dan sambutan yang luar biasa dari peserta Rakornas. 

 

Ny. Putri Koster yang juga menjabat sebagai Ketua Dekranasda Provinsi Bali diakhir pembacaan puisi juga mengajak para peserta Rakornas untuk  mengunjungi pameran UMKM /IKM Bali yang berada di luar gedung acara dan berbelanja produk kerajinan Bali sehingga bisa membantu menggerakkan perekonomian  IKM/UMKM yang cukup terdampak akibat pandemi Covid-19.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com