Ritual Budaya Hyang Ganapati Tutup Gelaran Denfest ke-13 - Dewata News

Breaking News

1/3/21

Ritual Budaya Hyang Ganapati Tutup Gelaran Denfest ke-13

 

Denpasar, dewatanews.com - Setelah digelar selama tiga bulan penuh dengan pola hybrid system yang mengedepankan perpaduan online dan offline, Denpasar Festival ke-13 Tahun 2020 secara resmi ditutup. Penutupan event tahunan milik Kota Denpasar itu dilaksanakan secara virtual dengan Pementasan Ritual Budaya Hyang Ganapati pada Kamis (31/12) secara virtual di Chanel Youtube Kreativi.Id. Pementasan tersebut sekaligus merupakan persembahan Kota Denpasar untuk menyambut Tahun Baru 2021 dengan Harapan Baru.

Beragam pementasan kesenian turut memeriahkan persembahan sambut tahun baru 20201. Mulai dari penampilan dari Ocha, Joni Agung, Agung Wirasuta, Gus Agung, Jun Bintang, Ibu Arini, Palawara, serta banyak lagi penampilan lainya. Seluruh rangkaian diakhiri dengan sajian meriah Ritual Budaya Hyang Ganapati serta persembahan Single New Hope From The Island of God yang memberikan pesan selalu ada harapan baru di Bali untuk Dunia, serta kreatifitas yang tak boleh padam.

Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra menjelaskan bahwa selama tiga bulan penuh pelaksanaan Denfest telah memberikan pengalaman sekaligus warna baru dalam pelaksanaan festival di masa pandemi Covid-19 saat ini. Tantangannya memang tidak mudah, namun kreatifitas harus tetap tumbuh dan berkembang.

“Semoga melalui gelaran Denfest ke-13 ini dapat memberikan dukungan terhadap penguatan UKM, Seniman serta pelaku Ekonomi Kreatif di Kota Denpasar,” jelasnya

Lebih lanjut dijelaskan bahwa pada rangkaian penutupan sekaligus menyambut Tahun Baru 2021 turut dipersembahkan sebuah karya Ritual Budaya bertajuk Hyang Ganapati. Dimana, lanjut Rai Mantra Hyang Ganapati merupakan suatu kekuatan dalam memberikan ilmu pengetahuan, kecerdasan, dan dipercaya sebagai dewa penolak bala atau bencana serta sebagai dewa kebijaksanaan.

Dikatakan Rai Mantra bahwa hal ini perlu kita hayati bersama sebagai bahan renungan dan memohon pencerahan Hyang Ganapati agar senantiasa menganugrahkan harapan baru kepada kita semua. Dalam menjalani kehidupan, kita perlu kesadaran dan Hyang Ganapati sebagai pemilik pengatahuan dan kecerdasan yang merupakan elemen dari kesadaran.

“Saat ini ditengah masa sulit ini kita perlu kekuatan dalam menghindar dari marabahaya dan Hyang Ganapati yang akan menolak malapetaka dan menolak bencana yang ada,” ujar Rai Mantra

Wakil Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara menambahkan bahwa tahun 2020 merupakan pelajaran berharga bagi kita. Namun demikian, di tahun 2021 kita harus senantiasa optimis akan ada harapan dalam situasi apapun.

“Selamat Tahun Baru 2021, mari kita songsong dengan penuh semangat dan harapan baru melalui spirit waisudhaiva kutumbakam,” pungkasnya

Sementara itu, Kadis Pariwisata Kota Denpasar, MA Dezire Mulyani didampingi Ketua Harian Bekraf Kota Denpasar, I Putu Lengkong Yuliarta mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung suksesnya pelaksanaan Denfest ke-13 Tahun 2020 ini.

“Tentu tiada kata yang bisa terucap selain terimakasih atas dukungannya serta mohon maaf atas kekuranganya, semoga kedepan festival ini terus menjadi ajang kreatifitas bersama bagi berbagai insan seni dan kreatif di Kota Denpasar,” ujarnya.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com