Bantu UMKM, Pemkab Buleleng Perluas Marketplace E-Semeton - Dewata News

Breaking News

1/5/21

Bantu UMKM, Pemkab Buleleng Perluas Marketplace E-Semeton

 

Buleleng, dewatanews.com - Pemerintah kembali menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) senilai 2,4 Juta bagi para pelaku UMKM untuk menghadapi dampak pandemi Covid-19 baik bantuan dari pusat, Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Kabupaten.

Saat di konfirmasi via telephone pada Senin (4/1) siang, Kadis Diskopdagperin Kab. Buleleng Drs. Dewa Made Sudiarta,. M. Si, menyampaikan data penerima bantuan-bantuan baik dari pusat, pemprov maupun Pemkab Buleleng hingga akhir tahun 2020 bagi pelaku UMKM.

 

"Bantuan stimulus usaha pemprov (BSU) sejumlah Rp. 1.800.000,-/orang, bantuan pelaku usaha mikro (BPUM) sejumlah 23.000 lebih UMKM Rp. 2.400.000,-/ orang," jelasnya.

 

Sementara Pemkab Buleleng memberikan bantuan gerobak rombong untuk berjualan bagi 13 pedagang kaki lima (PKL) yang sudah di relokasi berjualan dari sebelah timur eks pelabuhan buleleng ke Taman Soenda Ketjil.

"Usulan BPUM ke pusat tahun 2020  sejumlah 60 ribu lebih. BPUM merupakan program kemenkopukm, adapun pencurian program ini masih berlanjut hingga akhir januari 2021," ujar Kadis Diskopdagperin Dewa Made sudiarta.

Ia mengatakan, untuk Buleleng sendiri langkah atau kebijakan dan program yang dilakukan yakni mefasilitasi akses data (UMKM) terkait program (BSU) provinsi dan (BPUM) pusat untuk menjaga kelangsungan usaha (UMKN) di masa pandemi covid-19. Selain itu juga memperluas akses pemasaran online UMKM dan marketplace E-Semeton.

"Peningkatan design kemasan pelaku (UMKM) khususnya olahan makanan, minuman dan aneka camilan. Kemudian peningkatan kapasitas (UMKM) go export melalui pelatihan, khususnya  produk kerajinan (anyaman bambu, aluminium,  tenun ikat, endek serta yang lainnya," tambahnya.

 

Lebih lanjut, Pemkab Buleleng menyelenggarakan event GemaUKM (gerakan memajukan UKM) agar UKM Buleleng bangkit, maju dan jaya. Serta membentuk Bale UKM Center sebagai wadah bagi UMKM di Buleleng. 

 

"Bersama Kadin, Hipmi, Wirausaha Muda, Iwapi, Undiksa, stakeholder lainnya dalam  merumuskan program aksi memajukan UMIM secara sinergi dan berkolaborasi," imbuhnya. (DN-MGA).

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com