Kakorlantas Polri Puji Command Center Polda Bali - Dewata News

Breaking News

12/27/20

Kakorlantas Polri Puji Command Center Polda Bali

 

Denpasar, dewatanews.com - Command Center Polda Bali yang terhubung dengan ribuan CCTV dan dilengkapi dengan mesin komputer beserta alat-alat pendukungnya sangat efektif digunakan untuk monitoring situasi Kamtibmas. Di zaman serba canggih ini, bisa difungsikan untuk memberikan layanan masyarakat berbasis teknologi informasi dalam menerima pengaduan atau laporan sehingga mendapat penanganan secara cepat.

Kakorlantas Polri, Irjen. Pol. Drs. Istiono, M.H. didampingi Dirut PT. Jasa Raharja, Budi Rahardjo Slamet mengapresiasi Polda Bali yang sudah memiliki Command Center yang berada di lantai II Gedung Biro Ops.

Jenderal lulusan Akpol tahun 1987 untuk memantau langsung situasi keamanan di pintu masuk Bali, yaitu Pelabuhan Padangbai dan Pelabuhan Gilimanuk melalui ruang Command Center Polda Bali dalam rangka Ops Lilin Agung-2020, Minggu (27/12).

Jenderal yang berpengalaman dalam bidang lalu lintas ini juga mengecek sejumlah titik yang rawan macet saat hari libur Natal dan Tahun Baru. Ia menilai, peran dan fungsi Command Center yang ada di Polda sangat bagus karena sudah terhubung dengan tiga aplikasi, yaitu Salak Bali, Waze dan NGT.System.

Aplikasi Salak Bali untuk mengecek keberadaan anggota Polri di lapangan dan menerima laporan atau pengaduan dari masyarakat. Jika ditekan menu panic bottom yang ada di aplikasi Salak Bali, maka akan ada bunyi alarm di Command Center.


Aplikasi Waze untuk mengetahui secara detail posisi anggota Polri dan masyarakat yang memberikan laporan atau pengaduan. Sedangkan aplikasi NGT.System untuk memantau pergerakan kendaraan mobil dinas polisi saat melaksanakan patroli, pengawalan dan pelayanan kepada masyarakat.

“Command Center Polda Bali sangat luar biasa. Tadi di tes ada bunyi alarmnya. Command Center ini patut dicontoh oleh Polda lain dan ini bisa dijadikan standarisasi apabila ada Polda yang ingin membuat untuk memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum, serta memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat dalam rangka terpeliharanya keamanan dalam negeri,” kata Irjen. Pol. Drs. Istiono, M.H.

Wakapolda Bali, Brigjen Pol. Drs. I Wayan Sunartha menambahkan, Command Center ini sangat membantu saat melaksanakan pengamanan event besar berskala nasional maupun internasional. Salah satunya adalah event IMF-World Bank tahun 2018 yang diselenggarakan di kawasan Nusa Dua, Bali.

“Semua pergerakan rombongan tamu VIP dan VVIP yang menghadiri IMF-World Bank termonitor dan dikendalikan melalui Command Center,” ucapnya.

Ditambahkan, sampai saat ini situasi Bali masih aman, sepi dan tidak ada macet.

 

 "Mudah-mudahan pengamanan libur perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 di Bali berjalan aman dan lancar,” sambung Wakapolda didampingi Karo Ops, Dirlantas dan Dirpamobvit Polda Bali. (DN - BiN)

 

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com