Stres Saat Pandemi Covid-19 Bisa Sebabkan Masalah Kulit - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

Post Top Ad

Responsive Ads Here

10/11/20

Stres Saat Pandemi Covid-19 Bisa Sebabkan Masalah Kulit

 

Denpasar, dewatanews.com - Seorang Dermatologist, Dr. Amaranila Drijono Sp.KK mengatakan bahwa salah satu masalah kulit yang sering terjadi di masa pandemi adalah timbulnya jerawat karena meningkatnya kadar minyak di kulit akibat stres. 
 
“Perubahan selama masa pandemi ini membuat psikologis kita terganggu karena tidak bisa melakukan hal yang biasa dilakukan. Hal ini berhubungan dengan aksis yang ada di tubuh kita. Ketika stres, aksis merespon dengan membentuk hormon yang lebih banyak serta zat-zat lain yang memicu kelenjar minyak terstimulasi secara aktif, salah satunya di bagian kulit wajah," jelas Dr. Amaranila, dalam keterangan pers di Denpasar, Sabtu (10/10).
 
Dalam webinar olehThe Body Shop itu, ia mengatakan bahwa kadar minyak yang berlebih tersebut bisa membuat kuman menjadi overgrowth dan menyebabkan jerawat. 
 
Permasalahan ini salah satunya dapat diatasi dengan memiliki ritme yang teratur di rumah, seperti makan dan tidur yang teratur. Selain itu, memiliki pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit juga menjadi penting untuk mengatasi masalah jerawat. Untuk mengangkat minyak yang menumpuk di kulit wajah, harus punya pembersih yang baik dan sesuai dengan kulit wajah. 
 
Menurutnya, stres akut, gangguan kecemasan, dan masalah depresi adalah gangguan-gangguan psikologis yang sering ditemui di masa pandemi ini. 
 
“Situasi pandemi adalah situasi yang tidak menyenangkan serta situasi yang baru, dimana tidak semua orang bisa beradaptasi dengan baik. Situasi ini penuh perubahan dan ketidakpastian, mengancam, serta banyak berhubungan dengan kehilangan. Karena itu, kita rentan untuk mengalami depresi,” katanya. 
 
Selain itu, insomnia atau kesulitan tidur dengan kesehatan mental memiliki hubungan yang timbal balik. “Ketika kurang tidur dan memiliki kualitas tidur yang buruk, tubuh kita jadi kelelahan, lebih sensitif, dan moody. Hal ini mempengaruhi kemampuan dalam mengelola emosi, berpikir, dan berperilaku,” ucapnya.
 
Ia menambahkan bahwa memiliki pikiran dan tubuh yang rileks berpengaruh terhadap kualitas tidur. Kata dia, kondisi ini bisa didapatkan dengan mengaktifkan sistem indra penciuman dan menghirup aroma yang menyenangkan dan menenangkan. Memiliki jadwal tidur yang konsisten juga menjadi hal penting yang perlu diingat.
 
Sementara itu, PR dan Community Manager The Body Shop Indonesia, Ratu Maulia Ommaya mengatakan untuk mengatasi masalah kulit salah satu produk terbaru dari The Body Shop dari rangkaian Tea Tree adalah Tea Tree In-Control Hydrator, pelembab wajah yang ringan dan mudah menyerap, berbentuk cream, namun ketika diaplikasikan menjadi hydrating water serta diperkaya dengan Community Trade Tea Tree Oil dari Kenya dan Salicylic Acid alami dari white willow bark. 
 
Menurutnya, pelembab ini membantu menghidrasi dan menenangkan kulit yang berjerawat karena juga ada kandungan aloe vera di dalamnya.
 
Selanjutnya, ada Produk French Lavender Pillow Mist mengandung lavender essential oil dari Provence, Prancis, dengan aroma lavender, dan memberikan efek menenangkan dan membantu relaksasi sebelum tidur. 

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here