Ini! Pemenang Lomba Ogoh-ogoh Tahun Caka 1942 se-Bali - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

10/23/20

Ini! Pemenang Lomba Ogoh-ogoh Tahun Caka 1942 se-Bali

 

Denpasar, dewatanews.com - Gubernur Bali Wayan Koster mengapresiasi kedisiplinan para Yowana dan Krama Bali yang secara sukarela tidak melakukan pengarakan ogoh-ogoh pada pengrupukan Hari Suci Nyepi Tahun Caka 1942 akibat merebaknya pandemi COVID-19.

Untuk tidak menghilangkan tradisi yang sudah mendarah daging secara meregenerasi, sesuai hasil masukan dan diskusi Gubernur Bali bersama Bupati /Walikota se-Bali serta Ketua Parisadha Hindu Dharma Indonesia Provinsi Bali dan Majelis Desa Adat Provinsi Bali pada 23 Maret 2020 lomba ogoh-ogoh tetap digelar. Hal ini dimaksudkan sebagai penghargaan terhadap seni / budaya ogoh-ogoh se-Bali sekaligus ruang kreativitas Yowana dan Krama Bali dalam mendedikasikan semangat keagamaannya melalui kreasi Ogoh-ogoh.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali Prof. Dr. I Wayan 'Kun' Adnyana, ditemui di Denpasar, Jumat (23/10) sore serangkaian pengumuman pemenang Lomba Ogoh-Ogoh Se-Bali Tahun 2020 serangkaian Pengrupukan Hari Suci Nyepi Tahun Caka 1942.

Ditambahkannya Lomba Ogoh-ogoh Se-Bali Tahun 2020 ini juga merupakan implementasi dari Visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali, yang bermakna menjaga kesucian dan keharmonisan alam Bali beserta isinya untuk mencapai Krama Bali yang sejahtera Skala dan Niskala.

Adapun tahap Pelaksanaan Lomba adalah sebagai berikut :

a. Ogoh - ogoh yang dilombakan adalah Ogoh - ogoh yang telah dibuat terkait perayaan Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1942 dan masih tersimpan dalam kondisi baik dan penilaian lomba ogoh - ogoh dilaksanakan di tempat tanpa parade.

b. Pendaftaran peserta lomba dilaksanakan dari tanggal 8 Agustus s/d 11 September 2020 dan setiap Desa Adat diwakili oleh 1 (satu) Ogoh - ogoh.

c. Penilaian Tingkat Kecamatan untuk menentukan 3 (tiga) terbaik masing-masing Kecamatan dilaksanakan tanggal 15 s/d 25 September 2020. Terbaik Kecamatan akan dilombakan untuk menentukan terbaik I, Il,dan Ill di tingkat Kabupaten/Kota.

d. Penilaian tingkat Kabupaten/ Kota dilaksanakan pada tanggal 10 s/d 20 Oktober 2020.

4. Lomba ogoh-ogoh se Bali tahun 2020 diikuti 274 Desa Adat dari 55 kecamatan di Bali (Kecamatan Kubu dan Pupuan tidak mengirimkan peserta).

5. Penetapan pemenang terbaik I, Il dan III tingkat Kabupaten/Kota berdasarkan Berita Acara Pemenang Lomba hasil Pleno Tim Juri masing-masing Kabupaten/Kota.

Setelah dilaksanakan penjurian di masing-masing Kabupaten/ Kota, Gubernur Bali menerbitkan Surat Keputusan Nomor : 486/03-J/HK/2020 Tentang Pemenang Lomba Ogoh-Ogoh Se-Bali Tahun 2020.

REKAPITULASI PEMENANG LOMBA OGOH-OGOH SE BALI TAHUN 2020

1. Kabupaten Gianyar,
Terbaik I Peserta dari ST.Purwa Jati Kumara Gana, Banjar Teges Kanginan, Desa Adat Teges Kanginan, Kecamatan Ubud (Nilai 1790) dengan Nama/Judul Ogoh-Ogoh Bawi Mutun.

Terbaik II Peserta dari STT.Eka Yowana Canti, Banjar Pujung Kaja, Desa Adat Telepud, Kecamatan Tegalalang (Nilai  1745) dengan Nama/Judul Ogoh-Ogoh Gamang - Hana Maya.

Terbaik III Peserta dari STT Abra Puspa, Banjar Benawah Kangin, Desa Adat Benawah, Kecamatan Gianyar (Nilai 1730) dengan Nama/ Judul Ogoh-Ogoh Bawi Serengi.

2. Kabupaten Bangli,
Terbaik I Peserta dari STT.Kertha Giri, Banjar Pekuwon, Desa Adat Cempaga, Kecamatan Bangli (Nilai 1659), dengan Nama/Judul Ogoh-Ogoh Brahmana Keling.

Terbaik II Peserta dari STT Asta Dharma Kerti, Banjar Tiga, Desa Adat Tiga, Kecamatan Susut (Nilai 1607) dengan Nama/Judul Ogoh-Ogoh Tarakasura.

Terbaik III Peserta dari ST.Kusuma Giri Banjar Surakarma, Desa Adat Kintamani, Kecamatan Kintamani (Nilai 1572) dengan Nama/Judul Ogoh-Ogoh Ajian Paksha Bhaerawa.

3. Kabupaten Badung
Terbaik I Peserta dari ST.Widya Dharma, Banjar Tengah, Desa Adat Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan (Nilai 1864) dengan Nama/Judul Ogoh-Ogoh Sang Kala Agung.

Terbaik II Peserta dari ST.Bhakti Asih, Banjar Teba, Desa Adat Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan (Nilai 1839) dengan Nama/Judul Ogoh-Ogoh Sang Dorakala.

Terbaik III Peserta dari ST Tunas Remaja, Banjar Umahanyar, Desa Adat Penarungan, Kecamatan Mengwi (Nilai 1829) dengan Nama/Judul Ogoh-Ogoh Kama Salah.


4. Kota Denpasar
Terbaik I Peserta dari STT.Tunas Muda, Banjar Dukuh Mertajati, Desa Adat Sidakarya, Kecamatan  Denpasar Selatan (Nilai 89.125) dengan Nama/Judul Ogoh-Ogoh Pengadangadang.

Terbaik II Peserta dari STT.Dharma Cita, Banjar Abian Kapas Tengah, Desa Adat Sumerta, Kecamatan Denpasar Timur (Nilai 88.875) dengan Nama/Judul Ogoh-Ogoh Katattwaning Smara Reka.

Terbaik III Peserta dari STT.Puta Yasa 
Banjar Pengiasan,
Desa Adat Denpasar, Kecamatan Denpasar Barat (Nilai 88,375) dengan Nama/Judul Ogoh-Ogoh Khrisna Kalya.


5. Kabupaten Klungkung
Terbaik I Peserta dari ST.Dharma Buana Karya, Banjar Tengah Dusun Kawan, Desa Adat Tohpati, Kecamatan Banjarangkan (Nilai 1941) dengan Nama/Judul Ogoh-Ogoh Sang Anila.

Terbaik II Peserta dari STT.Giri Mekar Sari, Banjar Sulang, Desa Adat Sulang, Kecamatan Dawan (Nilai 1787) dengan Nama/Judul Ogoh-Ogoh Sang Purusadha.

Terbaik III Peserta dari ST.Panji Saraswati, Banjar Budaga, Desa Adat Budaga, Kecamatan Klungkung (Nilai 1771) dengan Nama/Judul Ogoh-Ogoh Kala Dungulan.

6. Kabupaten Buleleng
Terbaik I Peserta dari STT.Cruti Widya  Sesana, Banjar Adat Pucaksari, Desa Adat Pucaksari, Kecamatan Busungbiu (Nilai 603) dengan Nama/Judul Ogoh-Ogoh Kereb Akasa.

Terbaik II Peserta dari STT.Kusa Ananta, Banjar Dinas Ambengan, Desa Adat Banjar, Kecamatan Banjar (Nilai 601) dengan Nama/Judul Ogoh-Ogoh Sang Kala Bhuta Dungulan.

Terbaik III Peserta dari STT Abhirama Devari, Banjar Adat Liligundi, Desa Adat Buleleng, Kecamatan Buleleng (Nilai 597) dengan Nama/Judul Ogoh-Ogoh Sang Jogor Manik.


7. Kabupaten Karangasem
Terbaik I Peserta dari STT.Anom Darsana, Banjar Kodok Darsana, Desa Adat Karangasem, Kecamatan Karangsem (Nilai 238.5) dengan Nama/Judul Ogoh-Ogoh Sri Tattwa Sidhi.

Terbaik II Peserta dari STT. Sorpa
Banjar Kayu Putih,
Desa Adat Bebandem, Kecamatan Bebandem (Nilai 236,11)
Nama/Judul Ogoh-ogoh Bawi Srenggi.

Terbaik III Peserta dari ST Eka Buana Bina Ratra, Banjar Sidakarya, Desa Adat Tabola, Kecamatan Sidemen (Nilai 233,85) dengan Nama/Judul Ogoh-Ogoh Gringsing Wayang.


8. Kabupaten Tabanan
Terbaik I Peserta dari STT Puspa Kencana, Banjar Baturiti Tengah, Desa Adat Bale Agung, Kecamatan Kerambitan (Nilai 1714) dengan Nama/Judul Ogoh-Ogot Bawi Srenggi.

Terbaik II Peserta dari STT.Dharma Putra, Banjar Batunya, Desa Adat Batunya, Kecamatan Baturiti (Nilai 1708) dengan Nama Judul Ogoh-Ogoh Bawi Syati.

Terbaik III Peserta dari STT Tri Tunggal Sari, Banjar Antap Dajan Sema, Desa Adat  Antap Kaja, Kecamatan Selemadeg (Nilai 1651) dengan Nama/Judul Ogoh-Ogoh Pamurtining Hyang Ibu.


9. Kabupaten Jembrana
Terbaik I Peserta dari ST.Darma Kerthi
Banjar Cepaka,
Desa Adat Pangyangan, Kecamatan Pekutatan (Nilai 1705) dengan Nama/ Judul Ogoh-Ogoh Dwarapala Murka.

Terbaik II Peserta dari STT Satrya Tri Tunggal,  Banjar Tibutanggang, Desa Adat Giri Utama, Kecamatan Mendoyo (Nilai 1625) dengan Nama/Judul Ogoh-Ogoh Dewi Kali.

Terbaik III Peserta dari STT Eka Cita, Banjar Menega, Desa Adat Dauh Waru , Kecamatan Jembrana (Nilai 1615) dengan Nama/ Judul Ogoh-Ogoh Wraha Astramaya.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com