Presiden Jokowi Minta Potensi Desa Dikembangkan - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

Post Top Ad

Responsive Ads Here

9/24/20

Presiden Jokowi Minta Potensi Desa Dikembangkan

 

Jakarta, dewatanews.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar daya ungkit ekonomi desa diperkuat dengan mengembangkan potensi lokal yang ada di desa-desa di seluruh Indonesia.

“Memperkuat daya ungkit ekonomi desa. Setiap desa perlu kembangkan potensi desa, potensi lokal, baik yang berkaitan dengan pertanian, wisata desa, industri yang ada di desa,” kata Presiden Jokowi saat menyampaikan pengantar di Istana Merdeka, Jakarta, pada Rapat Terbatas “Percepatan Peningkatan Ekonomi Desa”, melalui video conference, Kamis (24/9).

Presiden Jokowi menegaskan agar kebijakan pengembangan tersebut dilakukan bukan dari atas ke bawah atau “top down”.

Melainkan sebaliknya dengan memberikan ruang partisipasi, ruang kreasi warga desa untuk mengembangkan potensi lokalnya.

“Jangan semuanya dilakukan ‘top down’ dari atas tapi beri ruang partisipasi, ruang kreasi warga desa untuk kembangkan potensi lokalnya,” katanya.

Oleh karena itu, Kepala Negara minta agar masyarakat desa kemudian diberikan dukungan berbagai fasilitas yang diperlukan.

Selain itu, Presiden mendorong perkuatan kerja sama antar-desa sehingga terbentuk jejaring desa yang lebih luas sehingga masyarakat atau UMKM di dalamnya bisa meningkatkan skala usahanya.

“Saya kira kalau perkembangannya kelihatan ini yang harus difasilitasi akses permodalan, teknologi, maupun di sisi skill, keterampilan, dan juga didorong kerja sama antar desa agar bisa masuk ke ‘supply chain’ yang lebih luas, sehingga pelaku usaha desa bisa upscalling dan bisa naik kelas,” kata Presiden Jokowi.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here