Cok Ace Sebut Bali Miliki Potensi Luar Biasa Sebagai Destinasi Pariwisata Kesehatan Global - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

9/5/20

Cok Ace Sebut Bali Miliki Potensi Luar Biasa Sebagai Destinasi Pariwisata Kesehatan Global

 

Denpasar, dewatanews.com - Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati menjadi salah satu pembicara utama dalam Webinar Health Tourism dengan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Bali  dan Fakultas Teknik Universitas Udayana, di Ruang Tamu Wagub Bali, Jumat (4/9).

Mengawali arahannya, Wagub Bali menyampaikan bahwa pandemik COVID-19 telah membawa dampak signifikan pada segala lini kehidupan kita semua. Mulai dari ekonomi, sosial, maupun budaya. Bali sebagai destinasi pariwisata dunia menjadi daerah yang paling merasakan dampak negatif karena jumlah wisatawan mancanegara yang datang ke Bali menurun hingga hampir 100%. Penurunan sektor pariwisata sangat berimbas pada ekonomi Bali. 

Membangun pariwisata Bali pasca pandemi di masa kenormalan baru bukanlah hal yang mudah. Tantangan terbesar yang dihadapi adalah bagaimana membangun rasa percaya wisatawan pada pariwisata Bali, apalagi jika berkenaan dengan aspek kesehatan. Pemerintah Provinsi Bali telah berkomitmen penuh untuk menanggulangi pandemi COVID-19 melalui berbagai upaya pencegahan penularan virus dan meningkatkan rasio kesembuhan pasien. Namun, tentu saja upaya penanggulangan pandemik juga harus melibatkan peran aktif masyarakat dan pihak swasta. 

Wagub Bali juga menyampaikan hendaknya kita dapat memandang tantangan ini bukan sebagai beban, tetapi sebagai peluang bagi Bali untuk mengembangkan pariwisata agar dapat kembali bangkit dan bahkan menjadi lebih baik lagi di masa depan. Jika kita ambil sisi positifnya, pandemik ini justru mendorong kita untuk berpikir lebih kreatif, inovatif, dan strategis dalam mengembangkan pariwisata Bali, misalnya dalam memasarkan potensi destinasi yang dimiliki. Salah satu ide pengembangan pariwisata Bali yaitu Pariwisata Kesehatan atau Health Tourism.

Lebih lanjut, potensi pariwisata kesehatan ini cukup besar. Pariwisata kesehatan sebenarnya merupakan bentuk tren pariwisata yang menggabungkan aspek kesehatan dan hiburan/leisure. Wisatawan pariwisata kesehatan melakukan perjalanan wisata karena didorong motivasi untuk meningkatkan kesehatan mereka (recover) dan memulihkan kebugaran (rejuvenate).

Wagub Cok Ace menegaskan bahwa Bali memang memiliki potensi luar biasa sebagai destinasi pariwisata kesehatan global, terutama dari segi wellness ( kebugaran).Terdapat sekitar 3.200 wellness centre di Bali seperti pusat pengobatan herbal tradisional dan spa. Namun, baru segelintir saja yang memenuhi standar fasilitas kesehatan. Untuk itu, ini merupakan catatan penting yang harus kita pikirkan ke depan jika ingin membangun pariwisata kesehatan di Bali.

Potensi utama Bali sebagai destinasi wisata kesehatan terletak pada keindahan alam Bali dan posisinya yang strategis sebagai destinasi wisata eksotis dengan budaya yang unik. Selain itu, biaya pengobatan di pusat kesehatan Bali terbilang lebih terjangkau daripada negara lain, terutama negara maju. Wisatawan yang berobat di Bali dapat mengalihkan pikiran mereka dari penyakit yang dideritanya dan menikmati keindahan alam dan budaya Bali. Ini penting untuk mengendalikan tingkat stres yang berdampak pada proses pemulihan yang lebih efektif. 

Untuk itu, Wagub Cok Ace berharap  wisata kesehatan Bali terus berbenah untuk meningkatkan kualitas menuju wisata kesehatan berkelas dunia. Sebagai contoh, Bali harus mengembangkan SDM dan tenaga profesional di bidang medis yang tak hanya ahli di bidangnya tetapi juga memperoleh pengakuan dari komunitas internasional. Ini bisa dicapai melalui berbagai pelatihan dan sertifikasi kualitas penanganan medis. Disamping itu  fasilitas kesehatan juga harus ditingkatkan agar sesuai standar.

Di akhir arahannya, Wagub Bali berharap  ke depannya Bali memiliki sebuah wadah yang berfungsi mengkolaborasikan berbagai ide dan progam positif untuk mengembangkan wisata kesehatan Bali menjadi lebih baik.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com