Edukasi dan Cegah Penyebaran Covid-19 di Terminal dan Pasar Galiran Semarapura - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

5/15/20

Edukasi dan Cegah Penyebaran Covid-19 di Terminal dan Pasar Galiran Semarapura


Klungkung, dewatanews.com - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Bali kembali melaksanakan sosialisasi, edukasi hingga upaya pencegahan penyebaran dan penularan virus corona di fasilitas publik dan kawasan-kawasan vital di seantero Bali. Kali ini Gugus Tugas dan relawan Provinsi Bali yang bersinergi dengan Gugus Tugas Kabupaten Klungkung menyasar Pasar Umum Galiran,  di Kelurahan Semarapura Klod, Kabupaten Klungkung pada Jumat (15/5) pagi.

Kegiatan yang menitikberatkan pada edukasi pola hidup bersih dan sehat kepada para pedagang dan pengunjung pasar ini melibatkan hampir 100 relawan dan satgas yang juga didukung personel Palang Merah Indonesia (PMI) Bali serta Satpol PP Provinsi dan Kabupaten. Selain itu, juga dilakukan penmyemprotan disinfektan di areal pasar dan terminal, serta pengecekan suhu tubuh dan cuci tangan, dilanjutkan pembagian masker kepada pengunjung dan pedagang yang kedapatan belum menggunakan masker atau maskernya sudah tidak layak pakai. 

Tim juga bergerak ke dalam pasar untuk melakukan penyemprotan ke areal kios dan lapak pedagang di seluruh areal pasar yang menampung bahan kebutuhan pokok tersebut. Selain itu juga dilakukan sosialisasi dengan pengeras suara, mengingatkan kepada pedagang atau pengunjung untuk menjaga jarak dan cara memakai masker yang benar. Sementara di pintu masuk pasar dan terminal, semua kendaraan baik roda dua maupun empat langsung disemprot dengan disinfektan. 

Ditemu di sela-sela kegiatan tersebut, Koordinator Seksi Pengamanan dan Penegakan Hukum Gugus Tugas Covid-19 Klungkung Putu Suarta menjelaskan bahwa kegiatan tersebut merupakan upaya yang sangat penting mengingat keberadaan Pasar Galiran yang merupakan pasar terbesar dan terluas di Klungkung. 

“Areal pasar ini sangat luas dan pengunjungnya sangat homogen, hampir dari semua kabupaten di Bali, pemasok sayuran dan buah-buahan. Termasuk dari Buleleng, Jembrana dan Bangli,” jelasnya.

Untuk itu, dirinya berterimakasih kepada Gugus Tugas Pemrov Bali beserta relawan yang sudah melaksanakan upaya sosialisasi dan edukasi langsung ke lapangan. 

“Kegiatan edukasi diberikan agar semuanya tetap melaksanakan protokol kesehata, menjaga jarak  dan pola hidup bersih dan sehat terutama di areal pasar dan terminal.  Sedangkan pembagian masker dan penyemprotan kendaraan akan difokuskan kepada pedagang dan pengunjung yang baru memasuki areal pasar,” tandasnya. 

“Hal ini sangat penting karena sehari-hari kawasan ini cukup padat pedagang dan pengunjung,” tambahnya lagi. 

Sementara itu Kepala Bidang Trantib Pol PP Provinsi Bali, Komang Kusuma Edi menyebut kegiatan tersebut adalah kegiatan yang kedua kalinya di Kabupaten Klungkung setelah di haris ebelumnya juga melaksanakan kegiatan yang sama di Pasar Kota Semarapura. “ Kami berkolaborasi dengan teman-teman relawan, TNI dan Polri serta mendapatkan pula bantuan Gugus Tugas dan relawan di kabupaten Klungkung,” jelasnya.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com