Pasien Positif Covid-19 Terus Bertambah, Dewa Indra Minta Masyarakat Waspada dan Gunakan Masker - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

Post Top Ad

Responsive Ads Here

4/6/20

Pasien Positif Covid-19 Terus Bertambah, Dewa Indra Minta Masyarakat Waspada dan Gunakan Masker


Denpasar, dewatanews.com - Terus bertambahnya pasien positif covid-19 di Bali membuat Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Bali bekerja semakin ekstra agar tidak semakin bertambah. Senin (6/4) petang, Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Bali Dewa Made Indra menyampaikan perkembangan covid-19 di Provinsi Bali melalui press conference.

Sampai dengan saat ini kasus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berjumlah 199 orang (tambahan 11 orang terdiri 9 WNI, 2 WNA) . 9 orang WNI ini terdiri dari 6 orang yang baru datang dari Luar Negeri dan 2 orang baru  pulang dari JKT serta 1 orang dr kontak lokal. 

Dari 199 sampel yang telah diuji, telah keluar hasil sampel 184 orang yaitu 141 orang negatif,  43  orang positif (tambahan  8 orang positif WNI), dimana dari tambahan 8 orang positif ini, 6 orang merupakan imported case atau kasus yang dibawa dari luar bali  dan 2 orang transmisi lokal (terjadi perpindahan penyakit dari orang positif yg ada di bali ke orang lain).

“Hari ini 1 orang WNI sembuh  sehingga total komulatif yang telah sembuh berjumlah 19 orang,” ujarnya.

Disampaikan Dewa Indra, dari 8 orang positf 2 org transkisi lokal, artinya dari orang yang positf ini menginfeksi orang kain melalui kontak dekat, kemudian tidak menerapkan arahan pemerintah yautu tidak menggunakan masker tidak mencuci tangan dan tidak phbs. Kalau tidak ingin bertambah makanya disiplin.

“Imported case 2 orang, ini tentu bahan evaluasi dari gugus tugas atau satuan tugas untuk memperketat pintu kita di bali dan ada sembuh 1 orang. Dengan demikian, virus ini bisa sembuh. Jadi tidak selalu meninggal. Utk itu, jika kita disiplin menjaga kesehatan dan arahan pemerintah maka virus ini bias kita minimalisir,” terangnya.

Untuk itu, dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah pusat “Masker Untuk Semua”, seluruh masyarakat Bali diminta menggunakan masker kain setiap bepergian keluar rumah dengan tujuan untuk mencegah penyebaran dan melindungi diri sendiri dari virus covid-19. Diharapkan semua pihak untuk dapat berdonasi masker dalam rangka penguatan pencegahan covid-19.

“Pemprov malalui Disperindang Provinsi Bali telah melakukan penjajakan dengan 50 perusahan garmen yang ada di Bali untuk memproduksi masker kain, sehingga masyarakat tidak kesulitan dalam memperoleh masker kain. Kami juga menghimau masyarrakat agar dengan menggunakan masker kain memoerhatikan kebersihannya, maksimal setiap 4 jam sekali masker tersebut harus sudah dicuci dengan sabun atau deterjen,” jelasnya menambahkan sedangkan masker yang digunakan oleh tenaga medis adalah masker N95 dan masker bedah. 

Tak lupa, Dewa Indra menghimbau kepada warga masyarakat yang baru pulang dari luar negeri adalah pahlawan devisa dan dari luar daerah untuk melaksanakan karantina mandiri/isolasi diri sendiri di rumah masing-masing minimal 14 hari dengan menerapkan protokol isolasi diri sendiri dengan penuh disiplin dan tanggung jawab untuk keselamatan masyarakat. 

“Dengan melaksanakan hal ini merupakan wujud dari pahlawan kemanusiaan.  Selain itu, Satgas yang ada di masing-masing Desa memiliki tugas dan tanggung jawab untuk mengawasi para anak buah kapal atau para migran Indonedia serta para santri yang sedang melaksanakan isolasi mandiri. Selain satgas para petugas kesehatan baik Pusakesmas maupun Puskesmas Pembantu juga harus mengawasi dan memberikan edukasi terhadap masyarakat desa yang belum paham terhadap keberadaan dan penularan maupun pencegahan dari virus ini,” tambahnya. (DN - NgR)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here