GTPP Covid-19 Buleleng Imbau PMI Bisa Bekerjasama - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

4/19/20

GTPP Covid-19 Buleleng Imbau PMI Bisa Bekerjasama


Buleleng, dewatanews.com - Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Buleleng mengimbau para Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang sudah dikarantina di Buleleng untuk bisa bekerjasama dengan pemerintah. Kerjasama ini diperlukan untuk lancarnya proses karantina dan cepatnya penanganan Covid-19 di Kabupaten Buleleng.
Penegasan tersebut diungkapkan Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Buleleng yang juga Sekretaris Daerah Buleleng, Drs. Gede Suyasa, M.Pd saat memberikan keterangan pers terkait perkembanganan penanganan Covid-19 di Kabupaten Buleleng melalui video conference dari ruang kerjanya, Minggu (19/4).
Gede Suyasa menjelaskan Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, ST selaku Ketua GTPP Covid-19 Buleleng terus mengimbau kepada para PMI yang dikarantina untuk bekerjasama secara baik dengan pemerintah. Karantina dilakukan untuk memenuhi protokol kesehatan. Kerjasama yang baik juga diperlukan untuk keselamatan PMI sendiri, keluarga, dan seluruh masyarakat Buleleng. “Ini yang diharapkan pak bupati. Mudah-mudahan kita bisa melaksanakan kerjasama yang baik untuk menghadapi Covid-19 di Buleleng,” jelasnya.
Hari ini, pertemuan dilakukan oleh Ketua GTPP Covid-19 Buleleng dengan Satgas yang ada di desa. Pertemuan ini tetap menjalankan protokol kesehatan Covid-19. Dalam pertemuan itu, Satgas di desa diminta untuk membantu, mengawasi dan membuat pola yang tepat terhadap para PMI yang datang. Jumlah PMI yang akan datang bisa mencapai ribuan orang. Kapasita hotel di Buleleng tidak bisa menampung sehingga harus dipikirkan tempat dan pola yang layak. Jika semua dikarantina di hotel dengan jumlah besar, dikhawatirkan tidak bisa mengontrolnya dengan baik. “Karena penanganan terhadap PMI ini berbeda dan harus sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19. Kita tidak bisa sembarangan menyentuhnya. Kecuali menggunakan APD lengkap. Oleh karena itu, imbauan terus disebarkan oleh pak Bupati kepada para PMI agar bisa bekerjasama,” ujar Gede Suyasa.
Adapun data perkembangan penanganan Covid-19 di Kabupaten Buleleng menunjukkan bahwa secara kumulatif pasien terkonfirmasi positif sebanyak enam orang. Pasien positif yang sembuh sebanyak tiga orang dan sedang dirawat di Buleleng sebanyak tiga orang. Selain itu, terdapat tujuh pasien positif yang sedang dirawat di luar Kabupaten Buleleng.
Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang sudah negatif sebanyak enam orang, dan ada penambahan PDP sebanyak 1 orang. Untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) secara kumulatif berjumlah 84 orang. ODP yang masih dipantau sejumlah 3 orang, ODP yang telah selesai masa pantau sebanyak 81 orang dan saat ini tidak ada OPD yang melakukan karantina mandiri.
Untuk Orang Tanpa Gejala (OTG) secara kumulatif berjumlah 218 orang. OTG antara lain selesai masa pantau 163 orang, OTG karantina mandiri 48 orang, OTG Karantina SPN empat orang serta OTG karantina RS Pratama Giri Emas tiga orang.
Pemantauan juga terus dilakukan terhadap pelaku perjalanan wilayah terjangkit dan wilayah transmisi lokal (Tanpa Gejala). Jumlahnya secara kumulatif saat ini adalah 2.246 orang dimana 1.257 orang telah selesai masa pantau 14 hari. Sisa yang masih dipantau oleh Puskesmas sampai saat ini berjumlah 989 orang dengan rincian pekerja kapal pesiar 514 orang, TKI lainnya 22 orang, WNA dua orang, pulang dari luar negeri dua orang, dan orang yang datang dari daerah transmisi lokal Indonesia 449 orang. 

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com