Dewa Indra Tegaskan Denpasar Belum Waktunya Penerapan PSBB - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

4/21/20

Dewa Indra Tegaskan Denpasar Belum Waktunya Penerapan PSBB


Denpassr, dewatanews.com - Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Bali Dewa Made Indra, Selasa (21/4) petang menanggapi adanya usulan agar Kota Denpasar dilakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) terkait pandemi Covid-19.

Terkait usulan tersebut, Dewa Indra yang juga Sekda Provinsi Bali ini menegaskan bahwa gugus tugas telah mempertimbangkan usulan tersebut. Namun jika dilihat dari angka positif Covid-19 sebesar 82, 67 % berasal dari imported case, maka hal ini tidak bisa dijawab dan diselesaikan dengan PSPB. 

"Yang bisa diselesaikan dengan PSPB adalah kasus transmisi lokal. Kasus 17,33 % transmisi lokal tersebut adalah angka transmisi lokal untuk Provinsi Bali bukan ukuran satu Kota /kabupaten. Maka untuk ukuran Kota Denpasar belum bisa menerapkan kebijakan PSPB," jelasnya.

Dewa Indra menegaskan, Gugus Tugas bekerja dengan penuh strategi dan menyesuaikan dengan kebutuhan lapangan. Menegaskan juga dari keputusan Gubernur Bali bahwa belum ada kebutuhan lapangan yang urgent untuk menerapkan PSPB.

Untuk memutus rantai penyebaran virus Corona, dikatakan Dewa Indra maka perlunya semua pihak melanjutkan dengan penuh disiplin untuk menggunakan masker di tempat terbuka, karena penggunaan masker memiliki dua (2) fungsi. Pertama, yakni bagi yang sakit (batuk dan flu) maka percikan/ droplex akan tertahan oleh masker yang menyebabkan percikan itu tidak akan keluar dan mengenai orang lain. Kedua, penggunaan masker bagi yang sehat maka akan terhindar (terutama pada wajah bagian hidung, mulut dan mata) dari percikan dari orang lain. 

"Untuk menghindari penularan virus Corona maka kita harus disiplin/ rajin untuk mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun. Karena penyebaran virus yang menempel pada benda tertentu yang kemudian kita sentuh dan menempel pada tangan akan lebih mudah hanyut melalui sabun dan air mengalir," tambahnya.

Selain itu dikatakan Dewa Indra, hindari menyentuh bagian wajah terutama hidung, mulut dan mata setelah menyentuh benda tertentu dan sebelum mencuci tangan. Karena tiga indera dalam tubuh kita tersebut akan memudahkan bagi virus corona untuk masuk ke tubuh. (DN - NgR)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com