Bersih Lingkungan, Warga Bentuk Komunitas Clean Up Tegallalang - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 350)

3/9/20

Bersih Lingkungan, Warga Bentuk Komunitas Clean Up Tegallalang


Gianyar, dewatanews.com - Didukung dengan penandatanganan Akte Pendirian, serius membentuk Komunitas Clean Up Tegallalang (CUT), Rabu (9/3). Dilakukan di Aula Kantor Camat Tegallalang, dan dihadiri langsung Plt. Alit Adnyana, menyambut baik didirikannya organisasi peduli lingkungan non profit ini.
Pendirian ini sebagai percontohan awal, bagaimana sampah terkola   dan di manajemen baik, tanpa meninggalkan  beban lanjutan.

Dimulai dari terbentuknya komonitas ini, kedepan diharapkan  akan berlanjut merangkul komonitas lainnya yang ada di masing-masing wilayah. Alit Adnyana juga menyarankan setiap agenda dengan terbentuknya kepengurusan akan bekerja terutama mengajak perusahan untuk ikut peduli, menyisihkan dana melalui CSR,  dan bekerjasama dengan CUT.

"Saya bahkan sudah ada perusahan yang meminta untuk bekerjasama dalam penanganan sampah", semangatnya.

Bahkan menurutnya permintaan ini sudah disampaikan langsung beberapa perusahan yang ada di Tegallalang.
Disetiap kegiatan Komonitas ini bisa bergerak, terlibat dalam aksi bersih-bersih lingkungan.

Lebih-lebih menjelang perayaan Hari Raya Nyepi, kegiatan warga yang sangat padat, terutama di pasar umum, ini juga menjadi moment yang baik menunjukkan kerja nyata Komonitas CUT. "Apalagi menjelang hari raya nyepi, Pasar Tegallalang biasanya sangat banyak sampahnya", tambahnya.

Sementara itu, Ketua Komonitas Clean Up Tegallalang ( CUT ), I Nyoman Buda Antara, sejatinya komonitas ini  sudah di bentuk sejak lama, dan baru bisa berkumpul bersama anggota.

"Sebenarnya idenya sudah lama, tetapi baru bisa berkumpul bersama", jelasnya.

Buda meminta anggotanya bekerja dengan hati, walaupun bekerja tanpa profit oriented, tetap konsentrasi dan konsisten dengan organisasi peduli sampah. Ini akan bergerak ke masing-masing wilayah di Kecamatan Tegallalang,  tidak saja menyasar Desa Dinas, namun juga Desa Adat, Sekolah, hingga kelompok organisasi, perusahan bahkan sekolah.

Tidak ingin hangat-hangat tai ayam,  pihaknya meminta menjaga ritme dan saling mengingatkan setiap ide dan program. Bergerak melalui Yayasan Tegallalang Resik Pertiwi Alam, Clean Up Tegallalang bergerak dinamis disetiap kegiatan, bahkan meminta masyarakat menyampaikan langsung ke organisasi ini.

Pertemuan  seperti ini agar tetap terjaga, dan terpenting, adanya materi dan tindakan nyata di masyarakat. Program ini juga penting dipublikasi terkait sampah, memulai dari keluarga, dan bisa mencontoh untuk lingkungan. Dengan konsisten dan bergerak terus diharapkan ke depan akan mampu mengurangi permasalahan terkait sampah. (DN - CiN)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com