STAHN Mpu Kuturan Buka Yoga Untuk Publik di Bali Utara - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 350)

11/12/19

STAHN Mpu Kuturan Buka Yoga Untuk Publik di Bali Utara


Buleleng, Dewata News. Com - Kegiatan olah tubuh dan jiwa yakni Yoga kian popular di tengah masyarakat Bali.  Tak hanya menjadi gaya hidup sehat di perkotaan dan paket wisata. Namun kini telah menjadi kebutuhan fisik dan jiwa ditengah produkvitas masyarakat yang kian padat dan riuh. 

Kegiatan Yoga juga kini gencar dimasyarakatkan di Bali Utara, khususnya di Kabupaten Buleleng.  Hal tersebut dilakukan oleh para praktisi Yoga sekaligus Dosen Jurusan Brahmawidya STAHN Mpu Kuturan  Singaraja. Secara perdana,  Yoga digelar pada Jumat (08/11) di RTH Rumah Jabatan Bupati Buleleng. Ratusan peserta Yoga tumpah ruah mengikuti kegiatan tersebut.

Inisiator Kegiatan Yoga sekaligus Dosen  Jurusan Brahma Widnya STAHN Mpu Kuturan Singaraja, I Nyoman Suka Ardiyasa menjelaskan, kegiatan  tersebut sebagai wujud dan kontribusi nyata kelembagaanya untuk mensosialisasikan dan memasyarakatkan Yoga sebagai bagian dari ajaran Hindu yang universal di Buleleng. 

Yoga, kata dia, saat ini bisa dilakukan oleh siapapun tanpa memandang aliran dan kepercayaan.  Hal ini karena khasiat Yoga yang telah terbukti untuk kesehatan tubuh dan pikiran. 

"Yoga akan rutin dilaksanakan setiap Jumat pagi. Semua elemen masyarakat bisa bergabung," kata Suka Ardiyasa.  

Kaprodi Filsafat ini juga mengatakan, Yoga perdana tersebut disambut antusiasme masyarakat yang sungguh tinggi.

Pihaknya mengaku, bersyukur diberikan ijin untuk melaksanakan Yoga di RTH Rumah Jabatan Bupati. Sehingga bisa menjadi ruang publik yang efektif dan berguna bagi masyarakat luas.  

Sementara itu, salah seorang guru SMKN 3 Singaraja, Ketut Sukarti mengaku senang bisa ikut yoga bersama. Ia bahkan mengajak sejumlah anak didiknya untuk ikut olah raga spiritual ini.

"Lumayan kami dapat memperkenalkan yoga kepada adik-adik siswa di SMKN 3 Singaraja," ujarnya.  

Sedangkan menurut salah satu pelajar, Putu Raditya mengatakan, merasa sangat senang mengikuti kegiatan latihan yoga ini. Dia mengatakan, tubuhnya terasa lebih bugar sesudah mengikuti semua gerakan yang diperagakan oleh instruktur Yoga.

Kegiatan ini rencananya akan rutin dilaksanakan sebagai wujud memasyarakatkan Yoga kepada masyarakat luas. Ratusan peserta yoga yang hadir merupakan berbagai elemen. Mulai dari pelajar,  guru, para dosen,  hingga masyarakat umum.  

Secara terpisah Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, ST mengapresiasi Kegiatan Yoga yang digelar oleh Jurusan Brahma Widnya STAHN Mpu Kuturan  Singaraja tersebut.

Menurutnya,  Yoga telah mendunia. Tak hanya menjadi  icon Hindu tapi juga Bali. Untuk mendukung mensosialisasikan Yoga di Bali Utara,  pihaknya mengaku siap memfasilitasi dengan memanfaatkan  ruang terbuka hijau (RTH)  Rumah Jabatan Buleleng.  

"Dengan senang hati kami fasilitasi agar masyarakat Buleleng sehat jasmani dan rohani," imbuhnya. (DN - TiR).--

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com