Alat Uji KIR Dishub. Buleleng Lolos Uji Kalibrasi Nasional - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 350)

11/16/19

Alat Uji KIR Dishub. Buleleng Lolos Uji Kalibrasi Nasional


Buleleng, Dewata News. Com — Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Buleleng belum lama ini telah mengundang Tim Kalibrasi Kementrian Perhubungan RI, khususnya Direktorat Jendral Perhubungan Darat,  untuk menguji seluruh alat uji KIR yang dimiliki Dishub Buleleng, 

Kadis Perhubungan Buleleng, Gede Gunawan.AP ketika dihubungi mengungkapkan, bahwa pentingnya kehadiran Tim Kalibrasi Nasional dimaksudkan untuk memberikan keabsahan dan kevalidan alat uji yang dimiliki Dishub. Buleleng,  sesuai dengan standar nasional Pengujian. Dengan demikian, kendaraan bermotor milik masyarakat yang di uji di Dishub Buleleng, dapat dijamin keselamatan, keamanan dan kelaikan jalannya, khususnya angkutan kendaraan bermotor publik. ”Selain itu pula, Dishub Buleleng berusaha untuk memenuhi standar pelayanan kendaraan bermotor”, ujarnya.

Menurut Kadishub Buleleng dengan pangkat bintang satu ini, bahwa Tim Kalibrasi Kementrian Perhubungan RI yang dilaksanakan oleh Tim dari BPTD XII Wilayah Kerja Bali – NTB, dengan Komandan Tim, Boy Nurdin, menguji 9 jenis alat Uji KIR yang dimiliki oleh Dishub. Buleleng. 

Masing–masing alat tersebut, adalah Speedometer (alat uji penunjuk kecepatan), Gas Anaylizer (alat uji Emisi CO/HC), HeadLight Tester (alat uji Lampu Utama ), Axle Load tester (alat uji Berat), Brake Tster (alat uji Rem), Side Slip Tester (alat uji Kuncup Roda Depan),  Sound Level (alat uji Tingkat Suara), Tint Tester (alat uji Kegelapan Kaca) dan Smoke Tester (alat uji Ketebalan Asap). 

Ketika Tim Kalibrasi Nasional melakukan tugas pekerjaannya didampingi oleh seluruh Penguji Kendaraan Bermotor Dishub. Buleleng dibawah kendali Kabid Teksar, Gede Santika, Ama. PKB.

Tim Kalibrasi Nasional Kementrian Perhubungan RI, lanjut Kadishub Gde Gunawan.AP, sangat puas dengan alat uji KIR yang dimiliki oleh Dishub. Buleleng. Seluruh alat uji dinyatakan valid dan akurat yang langsung dibuatkan Berita Acara Kalibrasi dengan Nomor: 15/KLB/BPTD – XII/XI/2019.  Tim juga akan melaporkan hasil kalibrasi kepada Menteri Perhubungan RI untuk segera seluruh alat uji Dishub Buleleng  dilabelisasi akurat dan valid.

Kadis Perhubungan Buleleng Gde Gunawan.AP juga mengungkapkan, bahwa Tim juga sangat mengapresiasi Bupati Buleleng, Bapak Putu Agus Suradnyana, yang telah mengganti Alat Uji Rem/Brake Tester dengan yang baru melalui DPA Dishub. Buleleng Tahun 2019, dengan anggaran Rp1,7 Milyar lebih. 

Dalam kesempatan ini, Tim juga menghimbau, agar daerah–daerah lain di Bali yang alat ujinya tidak lolos uji Kalibarasi agar tidak melaksanakan uji KIR secara mandiri dan merekomendasi untuk melaksanakan numpang uji di Dishub. Buleleng. Hal ini disebabkan, karena selain seluruh alat uji KIR terkalibrasi Valid dan Akurat, juga personil-personil penguji Dishub. Buleleng sudah mempunyai kemampuan dan akreditasi yang bagus. (DN ~ TiR).—

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com