Kemendes PDTT RI Jalin Kerjasama Kelola Air Bersih di Buleleng - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

8/16/19

Kemendes PDTT RI Jalin Kerjasama Kelola Air Bersih di Buleleng


Buleleng, Dewata News. Com — Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Republik Indonesia akan menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Buleleng untuk menciptakan usaha air minum di beberapa Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) yang ada di Kabupaten Buleleng. 

Untuk mewujudkan jalinan kerjasama itu, Kemendes PDTT RI menggandeng pihak swasta yakni dari PT. Pakar Cipta Karya dan PT. Mitra Bumdes Nusantara, seperti diungkapkan Wakil Bupati Buleleng dr.I Nyoman Sutjidra, Sp.OG usai menerima audensi Kemendes PDTT, bersama dengan PT. Pakar Cipta Karya dan PT. Mitra Bumdes Nusantara, di ruang kerja Wabup Buleleng, Jumat (16/08).

Pada kesempatan itu Wabup Nyoman Sutjidra didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Buleleng, I Made Subur, SH, terkait dengan persiapan kerjasama pengelolaan air bersih di Buleleng.

Sementara itu, Direktur Pengembangan Usaha Ekonomi Desa, Direktorat Jendral Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kemendes PDTT Nugroho Setijo Nagoro, yang juga selaku pimpinan rombongan audiensi mengatakan, pihaknya memilih Kabupaten Buleleng untuk melakukan pengelolaan air bersih, karena melihat dari berbagai potensi pengembangan yang ada, seperti sumber air minum serta potensi pasar yang ada di Buleleng sangat mendukung. 

”Adanya dukungan dari pihak Pemkab Buleleng juga akan sangat membantu mempermudah proses dalam membangun usaha air minum di beberapa Bumdes yang ada di Buleleng. Proyek pertama kami, disini akan membangun mini company atau usaha kecil dalam bentuk usaha air minum dalam kemasan”, ujarnya.

Terkait rencana usaha tersebut, Wabup Sutjidra mengungkapkan, bahwa Pemkab Buleleng tentu sangat mendukung upaya-upaya yang bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat, khususnya dalam hal ini masyarakat desa yang ada di Buleleng. 

”Selain nantinya usaha air minum ini akan menciptakan inovasi baru pada Bumdes di Buleleng, secara tidak langsung akan memberikan peluang kerja bagi para warga desa, dan turut mensosialisasikan, bahwa Kabupaten Buleleng memiliki sumber air yang bersih dan sehat serta dapat diolah kembali untuk dikonsumsi”, ujar Wabup Sutjidra.

Sementara itu, Kadis PMD Kabupaten Buleleng, Made Subur menjelaskan, bahwa pihaknya bersama dengan Kemendes PDTT dan pihak swasta akan melaksanakan sosialisai kepada 30 Bumdes yang ada di Buleleng dalam rangka mensosialisasikan pengembangan kebutuhan pokok, yakni kebutuhan air minum. 

Bantuan ini, dijelaskan Made Subur, bukan berupa hibah, melainkan bersifat investasi dalam aspek pengelolaan kebutuhan pokok air minum, sehingga harus berjalan secara berkesinambungan. 

”Jadi ini akan kami kawal bersama dengan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), sehingga investasi ini akan terus berjalan, masyarakat sejahtera, menemukan celah fiskal, serta pendapatan daerah akan meningkat melalui sektor ini,” pungkasnya. (DN ~ TiR).—

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com