Koster Siap Kawal Rencana Pembangunan Irradiasi Gamma di Buleleng - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

3/18/19

Koster Siap Kawal Rencana Pembangunan Irradiasi Gamma di Buleleng


Buleleng, Dewata News. Com — Keinginan Kabupaten Buleleng memiliki irradiasi gamma, mendapat angin segar dari Pemerintah Provinsi Bali. Pembangunan sarana irradiasi gamma merupakan salah satu upaya Pemkab Buleleng untuk mengembangkan potensi buah lokal di Bali, dan penanganan pasca panen bisa lebih maksimal.”Pembangunan irradiasi gamma ini diperlukan agar buah lokal Bali, khususnya daerah Buleleng, kualitasnya bisa meningkat dan diserap pasar di daerah Bali”, kata Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, ST pada acara Simakrama Gubernur Bali yang diselenggarakan di Gedung Kesenian Gde.Manik Singaraja, Minggu (17/03).

Menurut Bupati PAS, betapa pentingnya pembangunan sarana irradiasi gamma untuk peningkatan kualitas buah lokal setelah pasca panen, karena 70 persen buah di Bali berasal dari Kabupaten Buleleng. 

Bupati PASS mengatakan, dengan baiknya kualitas buah yang dimiliki Kabupaten Buleleng, harga buah akan lebih tinggi, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan petani di Kabupaten Buleleng. Ia yakin, dengan adanya alat tersebut, buah-buah lokal Buleleng menjadi standar kualitas internasional.

”Dengan alat ini, buah mangga akan mampu bertahan selama tiga bulan, jambu kristal kalau masuk hotel ada bintik lalatnya mereka tidak akan mau makan, tapi dengan alat ini semua akan hilang”, jelasnya.

Bupati PAS memperkirakan, pembangunan sarana irradiasi gamma ini memerlukan biaya mencapai Rp156 Miliyarh. Bukan hanya itu, pembangunan tersebut juga memerlukan lahan yang lumayan luas. Sehingga Bupati PAS meminta kepada Gubernur Bali untuk terus mengawal rencana pembangunan ini agar segera bisa terwujud.

”Tadi pak Gubernur sudah bisik-bisik, tahun ini pak Gubernur akan mengawal ke Bappenas dan Menteri Keuangan, mari sama-sama mendukung dan memberikan semangat kepada pak Gubernur agar irradiasi gamma bisa segera dibangun di Buleleng”, harapnya.

Sementara itu, Gubernur Bali Dr.,Ir. I Wayan Koster,MM mengatakan, pihaknya sudah melakukan pertemuan dengan pihak terkait untuk pembangunan irradiasi gamma tersebut. Ia juga mengaku akan segera bertemu dengan Menteri Keuangan untuk memohon bantuan dana pembangunan irradiasi gamma. Namun Koster menegaskan, siap mengeluarkan dana pembangunan jika permohonan tersebut gagal.

”Kalau tidak dapat dari Menteri Kuangan, saya akan gunakan anggaran Provinsi Bali untuk pembangunannya. Nanti akan saya rumuskan dulu anggarannya”, ucapnya.

Mantan Anggota DPR RI ini juga mengatakan, bahwa peningkatan kualitas buah di Bali sangat diperlukan agar bisa masuk industri pariwisata di Bali. Ia menyampaikan, sudah mengeluarkan Peraturan Gubernur (Pergub) Bali yang mewajibkan industry, khususnya industri pariwisata untuk menyerap buah lokal.

”Hotel-hotel harus menyediakan buah lokal yang sedang musim saat itu untuk wisatawan yang menginap. Jangan cuma menyediakan roti saja. Biarkan mereka makan roti di negaranya, kalau di Bali, ya harus makan buah lokal Bali”, tegasnya. (DN ~ TiR).—

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com