Babinsa Bantu Vaksinasi Rabies Di Desa Dawan - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 350)

3/31/19

Babinsa Bantu Vaksinasi Rabies Di Desa Dawan


Klungkung, Dewata News. Com - Babinsa Desa Kusamba Pelda Made Rai Darmika Yasa bersama para Kepala Dusun se Desa Kusamba, membantu program vaksinasi rabies yang diselenggarakan oleh Dinas Peternakan Kabupaten Klungkung. 

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Desa Kusamba Kecamatan Dawan, Klungkung, Sabtu (30/03).

Dalam kegiatan tersebut ada 506 ekor anjing peliharaan milik warga Desa Kusamba yang divaksin. Hal tersebut merupakan program dari Dinas Peternakan Kabupaten Klungkung yang dilakukan dari tanggal 18 Maret 2019 sampai dengan tanggal 3 April 2019. 

Setelah disuntik vaksin anti rabies terhadap anjing warga, petugas membagikan kalung berwarna merah kepada warga pemilik anjing agar dikalungkan di leher anjing peliharaannya serta buku vaksin dan stiker sebagai bukti bahwa anjing tersebut sudah tervaksin. Vaksin yang disuntikan  ke anjing peliharaan warga tersebut adalah jenis Rabisin. 

Sebagai penanggung jawab kegiatan drh A.A Raka Arnawa, koordinator tim vaksinasi drh Rai Wira Negara serta Ketua tim dari Kecamatan Dawan Agus Pandang.

Menurut drh Rai Wira Negara vaksinasi yang dilakukan merupakan upaya untuk mendapatkan kekebalan agar tubuh anjing menjadi kebal terhadap serangan penyakit yang disebabkan virus serta bakteri. Vaksin yang diberikan mengandung organisme hidup yang dilemahkan.

Kegiatan yang berlangsung sejak tanggal 18 Maret 2019 sampai dengan tanggal 3 April 2019 tersebut, merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mencegah penyebaran rabies di wilayah Kecamatan Dawan khususnya dan Kabupaten Klungkung pada umumnya.

I Putu Ariadi, Kepala Dusun di Desa Kusamba menyatakan bahwa kegiatan Vaksinasi Rabies yang dilakukan pemerintah melalui Dinas Peternakan secara gratis ini, sangat diharapkan oleh masyarakat untuk mencegah warga terinfeksi virus rabies apabila tergigit anjing.

Dengan adanya kegiatan vaksinasi ini masyatakat Desa Kusamba merasa aman dan tenang apabila melaksanakan aktifitas di luar rumah, tidak khawatir lagi dengan keberadaan anjing yang mereka pelihara. Harapan dari masyarakat setempat supaya program ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Babinsa Desa Kusamba, para Kepala Dusun se Desa Kusamba, PPl dari BBP Kecamatan Dawan dan Tim dari Poskeswan Kecamatan Dawan.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com