Ratusan Liter BBM Diduga akan Diselundupkan Diamankan Satgas Pamtas Yonif Mekanis 741 - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 350)

1/9/19

Ratusan Liter BBM Diduga akan Diselundupkan Diamankan Satgas Pamtas Yonif Mekanis 741


TTU, Dewata News.Com — Anggota Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan sektor Barat Yonif Mekanis 741 Garuda Nusantara kembali mengamankan puluhan liter jirigen berisi Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Solar dan premium yang akan diselundupkan ke wilayah Distrik Oekusi wilayah Republik Demokratik Timor Leste (RDTL), melalui jalur ilegal Desa Napan Kecamatan Bikomi Utara, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Selasa (08/01).

Puluhan liter BBM terdiri dari jenis solar 65 liter yang terisi dalam 9 jirigen ukuran 5 liter serta 1 jirigen ukuran 20 liter.  BBM jenis premium sebanyak 85 liter terisi didalam 17 jirigen ukuran 5 liter.

Komandan Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonif Mekanis 741 Garuda Nusantara, Mayor Infantri Hendra Saputra mengungkapkan kronologis awal penemuan ratusan liter BBM tersebut, berawal dari 8 orang personil bertugas di POS Satgas Napan Bawah, melaksanakan patroli rutin menyisir titik-titik perbatasan di Desa Napan.

Menurutnya, saat melakukan patroli itulah, personilnya yang dipimpin oleh Wakil Komandan POS Napan Bawah, menemukan adanya puluhan jirigen yang berisikan BBM tersebut, berada di lokasi jalur illegal, tepatnya BSP 57. Saat dilakukan pengecekan di lokasi kejadian hanya ditemukan barang bukti, namun pemilik dari puluhan jirigen BBM tidak berada di tempat.

"Kebetulan memang jadwal untuk POS Napan bawah itukan melaksanakan patroli dengan jadwal malam, kemudian melakukan pengendapan dengan jumlah personil 8 orang dipimpin Wadan POS. Serda Hendrik Budi Setiawan, dimana dari lokasi patroli itu ditemukan BBM yang akan di selundupkan yang jika ditotalkan berjumlah 150 liter", katanya.

Usai melakukan pengecekan puluhan jirigen BBM tersebut langsung di bawa ke POS Napan Bawah untuk diamankan. Saat ini, ratusan jirigen berisi ratusan liter BBM akan diamankan di Mako Satgas di Desa Eban.

”Pemilik tidak ditemukan di lokasi, saya pikir kalau malam mereka tidak akan berani masuk pastinya siang. Kejadian ini saya kira ada kaitannya dengan sektor Timur, jika di perketat penjagaannya pastinya akan larinya ke sektor barat dan sebaliknya, ini memang terik-terik yang dimainkan oleh si penyelundup", jelas Hendra.

Terkait penemuan ratusan liter BBM yang akan di selundupkan ke Timor Leste, dirinya telah memerintahkan jajaran untuk lebih mengintensifkan patroli dan penjagaan dengan waktu yang tidak di tentukan, untuk mencegah aksi penyelundupan lainnya oleh oknum tidak bertanggungjawab”, pungkas Mayor Infantri Hendra Saputra. (DN ~ KBRN/TiR).—

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com