Teori Tanpa Praktek "Lumpuh", Ini Kesan Mahasiswi PKL Undiksha di Polres Buleleng - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 250)

12/5/18

Teori Tanpa Praktek "Lumpuh", Ini Kesan Mahasiswi PKL Undiksha di Polres Buleleng


Buleleng, Dewata News. Com - Selama dua bulan, mulai tanggal 1 Oktober 2018  terjun langsung mengikuti jalannya proses Penyelidikan dan Penyidikan yang dilakukan Satuan Reserse Kriminal Polres Buleieng "diintip'' 6 orang mahasiswi Fakultas Hukum Undiksha Singaraja. 

Keenam mahasiswi Fakultas Hukum Undiksha itu, diantaranya Ni Komang  Marsena Yanis dan kawan kawannya  melakukan PKL di Polres Buleleng mendapatkan bimbingan langsung dari Kepala  Satuan Reserse Kriminal  AKP Mikael Hutabarat, SH, S.IK, MH dan Penyidik yang ada di Unit Pidum, Unit Pidsus, Unit Tipikor dan Unit PPA. 

Dari PKL yang dilakukan banyak hal - hal baru yang diperoleh diantaranya tentang cara melakukan interview saat penyelidikan dan pembuatan Berita Acara Pemeriksaan (BAP) saat penyidikan yang dilakukan oleh Penyidik. 

Mahasiswi terjun langsung mengikuti semua proses penyelidikan dan penyidikan yang ternyata tidak semudah yang di peroleh dalam teori, karena menggali informasi atau keterangan dari setiap orang, baik sebagai saksi maupun tersangka diperlukan kemampuan penyidik untuk menggalinya tanpa melakukan kekerasan atau menakut nakutinya. 

"Ternyata Penyidik setiap melakukan Penyelidikan dan Penyidikan selalu Humanis, dan semua yang diperlukan dalam proses itu diperoleh dengan baik, sehingga perkara dapat ditindak lanjuti sampai proses pemberkasan dan dilimpahkan ke JPU. Terimakasih kepada Bapak Kapolres Buleleng AKBP Suratno, S.I.K dan Kasat Reskrim serta penyidik atas bimbingannya, karena banyak ilmu yang diperoleh antara teori dan praktek dapat berjalan. Karena teori tanpa praktek akan lumpuh", jelas Mahasiswi Fakultas Hukum Undiksha Singaraja Ni Komang Marsena Yanis.

Sementara itu, Kapolres Buleleng AKBP Suratno ,S.IK menyampaikan, bahwa Ilmu yang diperoleh  di Polres Buleleng agar bisa dipergunakan dalam prakteknya nanti. 
Sebagai wujud kebanggaan dan terimakasih atas pengetahuan praktek yang diperoleh, dua mahasiswi cantik itu minta perkenan Kapolres foto bersama. (DN - TiR).

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com