Beri Kualiatas Layanan Terbaik, RSUD Buleleng Raih Akreditasi ”Bintang Lima” - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

12/4/18

Beri Kualiatas Layanan Terbaik, RSUD Buleleng Raih Akreditasi ”Bintang Lima”


Buleleng, Dewata News. Com — Upaya seluruh jajaran Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten.Buleleng untuk membangun standar kualitas pelayanan rumah sakit akhirnya berbuah manis. Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) pada situs resminya pada Senin (03/12) telah mengumumkan, bahwa RSUD Kabupaten.Buleleng lulus akreditasi “Paripurna” (Bintang Lima), akreditasi tertinggi dalam standar pelayanan rumah sakit.

Ditemui pada saat meninjau pelayanan untuk pasien, Direktur  RSUD Kabupaten Buleleng dr. Gede Wiartana,M.Kes membenarkan, bahwa RSUD Kab.Buleleng telah lulus akreditasi tingkat Paripurna atau Bintang Lima.

”Ya, akreditasi itu (Paripurna) sudah diumumkan kemarin tanggal 03 Desember 2018 melalui website resmi Komisi Akreditasi Rumah Sakit,” ungkap Wiartana dengan penuh rasa bangga.

Menurut dr.Wiartana, bahwa proses penilaian akreditasi yang dilaksanakan oleh KARS sudah berlangsung satu bulan yang lalu. Dimana tim yang menilai pelayanan di RSUD Kab.Buleleng itu terdiri dari 6 orang penilai (surveyor). Tim dimaksud melaksanakan penilaian penuh selama lima hari, dari tanggal 29 Oktober s/d 06 Nopember 2018.

”Aspek yang dinilai hampir seluruh yang menyangkut penyelenggaraan rumah sakit. Mulai dari aspek administrasi, standar manajemen, standar pelayanan kepada pasien, standar operasional, standar keselamatan pasien. Jadi total ada 1.327 elemen (item) yang dinilai,” jelasnya.


Wiartana juga mengunkapkan, bahwa tim yang sangat profesional tersebut melakukan penilaian secara detail, objektif, dan berhati-hati. Penilaian bukan saja dilakukan berdasarkan penjelasan pihak rumah sakit, tetapi juga langsung melakukan konfirmasi administrasi dengan stake holder rumah sakit lainnya, termasuk dokter, perawat, pasien, dan keluarga pasien.

Bahkan, lanjut Wiartana, bahwa Akreditasi Paripurna (Bintang Lima) yang diperoleh tahun ini merupakan prestasi yang kedua kalinya diraih oleh RSUD Kab.Buleleng, setelah pada tahun 2015 lalu juga memperoleh hasil penilaian akreditasi yang sama.

”Jadi (penilaian) akreditasi ini akan diulang setiap tiga tahun sekali, dan setiap tahun akan dilakukan penilaian.Tiga tahun yang lalu (tahun 2015) kami juga memperoleh tingkat kelulusan (hasil akreditasi) Paripurna juga”, imbuhnya.

Dokter yang telah berusia 56 tahun ini juga berjanji akan terus meningkatkan mutu pelayanan di RSUD Kab.Buleleng guna mempertahankan predikat akreditasi Bintang Lima ini.

”Jadi istilahnya ini never ending process. Upaya-upaya peningkatan mutu pelayanan dan keselamatan pasien akan terus kami lakukan. Yang sudah baik akan kami pertahankan, dan yang belum baik akan terus kami perbaiki,” pungkas Wiartana.

Untuk diketahui, RSUD Kab.Buleleng sudah dua kali berturut-turut memperoleh hasil akreditasi dengan predikat Paripurna atau Bintang Lima, yaitu tahun 2015 dan tahun 2018 ini. Berdasarkan pengumuman yang ekspose oleh KARS melalui websiteresminya, di seluruh Indonesia pada tahun 2018 ini hanya ada 49 buah rumah sakit yang memperoleh akreditasi Paripurna.

”Di Bali sendiri tercatat hanya 3 rumah sakit yang memperoleh akrditasi Paripurna, salah satunya RSUD kab.Buleleng”, jelas dr.Gede Wiartana, M.Kes. (DN ~ TiR).—

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com