Tari Taruna Jaya dan Tenun Beratan Buleleng Peroleh Sertifikat Warisan Budaya Tak Benda - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 250)

10/17/18

Tari Taruna Jaya dan Tenun Beratan Buleleng Peroleh Sertifikat Warisan Budaya Tak Benda


Buleleng, Dewata News. Com — Pemerintah Kabupaten Buleleng melalui Dinas Kebudayaan (Disbud) kembali menerima sertifikat tentang warisan budaya tak benda yang diserahkan langsung Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Muhadjir Effendy pada tanggal 10 Oktober 2018 lalu di Jakarta.

Warisan budaya tak benda yang mendapat sertifikat dimaksud, adalah Tari Taruna Jaya, Nyakan Diwang dan Kerajinan Tenun Songket Beratan. Sebelumnya, Kabupaten Buleleng juga menerima sertifikat yang sama tentang Tarian Wayang Wong Tejakula.

Kepala Dinas Kebudayaan (Disbud) Kabupaten Buleleng, Drs Gede Komang, M.Si mengungkapkan, pemerintah khususnya Dinas Kebudayaan wajib kiranya mengusulkan apa yang menjadi budaya masyarakat, sehingga akan dapat diwariskan dan dipeliharan dengan baik agar tidak punah.

”Kami selalu mengapresiasi apa yang menjadi hasil karya masyarakat Buleleng, dengan upaya-upaya yang dilakukan nantinya dapat diwariskan anak cucu kita, bahwa memang benar-benar Buleleng memiliki budaya yang Adi Luhung,” ucapnya di Singaraja, beberapa waktu lalu.

Didampingi Kepala Bidang Kebudayaan, Drs. Wayan Sujana, Kepala Disbud Kabupaten Buleleng Gede Komang yang Pembina dan penari Wayang Wong Tejakula ini mengatakan, bahwa Dinas Kebudayaan memiliki tugas pokok menggali, melestarikan, mengembangkan dan mempertahankan apa yang ada serta berkembang di kalangan masyarakat. 

Seperti diungkapkan Kepala Bidang Kebudayaan Drs Wayan Sujana, ”Masyarakat Buleleng memiliki kreatifitas cukup tinggi, sehingga apa yang telah ada dan hasil kreasi masyarakat tentunya harus dijaga dan dilestarikan,” kata Kabid Kebudayaan Wayan Sujana yang juga seniman Topeng ini.

Kepala Disbud Kabupaten Buleleng Gede Komang meyakinkan, dengan diterimanya sertifikat warisan budaya tak benda tentunya akan membawa dampak positif, khususnya bagi seniman, serta secara umum bermanfaat bagi masyarakat Buleleng. (DN ~ TiR).—

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com