Rencana dan Anggaran APBD Dirancang Efektif dan Efisien - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 250)

9/3/18

Rencana dan Anggaran APBD Dirancang Efektif dan Efisien


Gianyar, Dewata News. Com - Perencanaan dan penganggaran APBD Kabupaten Gianyar Tahun Anggaran 2018, dirancang secara terintegrasi sehingga pemanfaatan sumber daya yang tersedia  dapat digunakan secara efektif dan efisien.

Hal ini disampaikan  Plh. Bupati Gianyar, Ir. I Made Gede Wisnu Wijaya, MM, saat   penyampaian Pengantar Nota Keuangan Rancangan Perubahan APBD Kabupaten Gianyar Tahun Anggaran 2018 di Gedung DPRD Kabupaten Gianyar, Senin (3/9).

Salah satu upaya yang dilakukan adalah tiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terlebih dahulu menyusun program  yang  menjadi kebutuhan utama untuk dianggarkan. “Jika tahun sebelumnya anggaran terlebih dahulu digelontorkan, tapi tidak demikian untuk rancangan perubahan Tahun 2018. OPD terlebih dahulu harus menyusun kegiatan yang tertuang  dalam SAKIP  (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah) yang menjadi target, setelah itu baru kita anggarkan. Kami ingin mengubah pola pikir (mindset) OPD,” kata Made Wisnu Wijaya.

Jika di dalam SAKIP  tidak ada target, maka tidak bisa dianggarkan. Ini yang dirasionalisasi sehingga pengeloaan anggaran efektif dan efisien. Diharapkan dengan rancangan ini perencanaan anggaran dibidang
pembangunan bisa harmonisasi antara capaian kinerja dan sasaran program. Dikatakan,  selama ini ada kecenderungan  terjadi  pengulangan atau copy paste kegiatan atau  kebutuhan dari tahun ke tahun sehingga
terkesan mubasir. 

“Harus dianalisa terlebih dahulu, misalnya berapa kebutuhan akan komputer satu OPD sehingga  tidak setiap tahun membeli barang yang sama,” imbuh Wisnu Wijaya yang juga Sekda Kabupaten Gianyar.

Dalam Ranperda tentang Perubahan APBD Tahun Anggaran 2018, Pendapatan Daerah direncanakan sebesar Rp. 2,044 triliun lebih, terdiri dari  PAD
sebesar Rp. 802,460 milyar lebih. Sedangkan dana perimbangan sebesar Rp. 940,913 milyar lebih dan lain-lain pendapatan daerah yang sah sebesar Rp. 300,882 milyar lebih.

Pendapatan daerah yang bersumber dari PAD dalam perubahan APBD tahun anggaran 2018 direncanakan mencapai sebesar Rp. 802,460 milyar lebih. Ini berarti mengalami peningkatan sebesar Rp. 106,673 milyar lebih atau 15,33 persen dibandingkan PAD pada tahun berjalan sebesar Rp. 695,786 milyar lebih.

Sedangkan dana perimbangan dalam perubahan APBD tahun anggaran 2018, direncanakan mencapai sebesar Rp. 940,913 milyar lebih, berarti mengalami penurunan sebesar Rp. 58,478 juta lebih dibandingkan dengan anggaran tahun berjalan sebesar 940,972 milyar lebih. Penurunan ini terjadi pada Penerimaan Bagi Hasil Pajak/Bagi Hasiul Bukan Pajak.

Dalam kesempatan itu juga disampaikan Belanja Daerah dalam Rancangan Perubahan APBD Kabupaten Gianyar Tahun Anggaran 2018, direncanakan berjumlah Rp. 2,143 triliun lebih, yang terdiri dari Belanja Tidak Langsung sebesar Rp. 1,279 triliun lebih dan Belanja Langsung  sebesar Rp. 864,311 milyar lebih.

Pengantar Ranperda Perubahan APBD Tahun 2018 dibuka Wakil Ketua DPRD I Ketut Jata diikuti anggota dewan, pejabat di lingkungan Pemkab Gianyar serta instansi terkait lainnya. Selanjutnya akan dibahas lebih lanjut dalam tahap-tahap persidangan dewan dan nantinya  dapat ditetapkan menjadi Peraturan Daerah. (DN - CiN)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com