Gung Ronny Ajak Masyarakat Jaga DAS Agar Tetap Bersih - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 250)

9/28/18

Gung Ronny Ajak Masyarakat Jaga DAS Agar Tetap Bersih


Denpasar, Dewata News. Com -  Membangun sebuah kepercayaan bagi masyarakat atas pelayanan publik yang dilakukan penyelenggara pelayanan publik merupakan kegiatan yang harus dilakukan seiring dengan harapan dan tuntutan seluruh warga negara dan penduduk tentang peningkatan pelayanan publik dari tataran nasional sampai tataran yang paling bawah di daerah, tidak terkecuali di Kecamatan sebagai koordinator pemerintah Desa dan Kelurahan maupun desa adat, Kecamatan memiliki peran yang sangat strategis dalam memberikan pelayanan kepada masyarakatnya termasuk dalam upaya meningkatkan peran serta masyarakat dan pemberdayaan dari pada masyarakatnya. Hal tersebut dikatakan I Gusti Agung Ronny Indra Wijaya disapa Gung Ronny, Jumat (28/9).

Menurutnya, salah satu isu strategis di dalam mengembangkan peran serta masyarakat adalah untuk dapat menjaga lingkungan sekitarnya. Lingkungan yang dimaksud termasuk bagaimana menjaga kelestarian alam dan sumber daya alam lainnya. Gambaran secara umum lingkungan kota terutama sungai dan daerah aliran sungai (DAS) biasanya jorok dan kumuh penuh sampah dan air sungai yang tercemar limbah sampah rumah tangga.

“Hal ini disebabkan oleh karena pada umumnya daerah aliran sungai (DAS) di Kota besar termasuk Kota Denpasar banyak penduduk yang membangun atau tinggal disempadan sungai, kesadaran masyarakatnya masih rendah dalam rangka menjaga Daerah Aliran Sungai (DAS) tersebut,” terangnya.

Memang, ada beberapa sungai di Kota Denpasar sudah tertangani dengan baik, bahkan ada sungai juga sudah mulai dilestarikan dan dikembangkan sebagai lomba mancing lele dan lainya. Namun ada juga di Kota Denpasar terutamanya di Denpasar Selatan yang berdekatan dengan lokasi pasar yakni di pasar batan kendal yang sungainya masih terkesan jorok dan tidak juga tidak menarik untuk dipandang mata.

"Karena masih tercemar dengan limbah. Kalau bisa semua sungai di Kota Denpasar di perhatikan, sebab sungai selain bisa jadi pusat rekreasi memancing juga memiliki potensi mata air bersih dikemudian harinya," ucap calon legeslatif (caleg) DPRD Bali dapil Kota Denpasar dari Partai NasDem nomor urut 5 ini.

Lanjut Gung Ronny, pelayanan yang diberikan kepada masyarakat tidak hanya sebatas pelayanan surat-menyurat atau administrasi belaka akan tetapi jauh lebih penting adalah pelayanan kepada masyarakat untuk memberikan sebuah rasa senang, rasa nyaman, dan yang terpenting adalah pelayanan kepada masyarakat dalam melindungi kelestarian alam sekitar untuk dimanfaatkan oleh masyarakat untuk kesejahteraan dan kebahagiaan daripada masyarakat itu sendiri.

"Masalah yang kini terus ada di Kota Denpasar adalah masalah kepadatan penduduk, lingkungan kumuh,  sampah dan masalah sosial lainnya. Kondisi sungai di Kota Denpasar pada umumnya masih terdapat sampah plastik yang hanyut dan sempadan sungai yang dipakai bangunan rumah maupun toko oleh warga sekitar sehingga Daerah Aliran Sungai (DAS) tidak terlihat lagi dan tentunya masalah ini menjadi masalah besar dikemudian hari terutama menyangkut kebersihan sungai sampai kualitas air sungai itu sendiri," ucapnya.

Ditambahnya, bila nantinya bisa terpilih menjadi anggota DPRD Bali dari dapil Kota Denpasar, maka yang utama akan dilakukan adalah bersama-sama masyarakat untuk menjaga lingkungan agar tetap bersih.

"Begitupun dengan sungai akan senantiasa mengajak masyarakat agar tidak membuang sampah ke sungai. Bila perlu bersama-sama turun untuk ikut peduli terhadap lingkungan disekitar," imbuhnya. (DN - Bdi)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com