Bagus Askara: Pasar Kreneng Menarik Dikunjungi, Pedagang Harus Jaga Kebersihan - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 250)

9/3/18

Bagus Askara: Pasar Kreneng Menarik Dikunjungi, Pedagang Harus Jaga Kebersihan


Denpasar, Dewata News. Com - Pasar Kreneng merupakan merupakan salah satu pasar yang sangat dikenal masyarakat Bali, khususnya warga Kota Denpasar. Pasar ini pada pagi hari hingga menjelang siang merupakan pasar tradisional yang menjual barang kebutuhan sehari-hari seperti layaknya pasar umumnya. 

"Namun yang menarik adalah saat menjelang malam, kawasan pasar ini berubah menjadi pasar malam yang sebagian besar pedagangnya menjajakan makanan serta pakaian jadi," ujar Ida Bagus Askara Sugiarta yang akrab disapa Bagus Askara, Senin (3/9).

Dikatakan, pasar kreneng ini beroperasi hampir 24 jam penuh tiap harinya, karena pasar malamnya beroperasi hingga subuh. Pasar Malam Kereneng inilah yang menjadi primadona bagi pasar yang terletak di bilangan Jalan Kamboja Denpasar ini. Lokasi pasar yang relatif mudah dicapai dengan berkendaraan sepeda motor, dan juga dapat ditempuh kurang dari 10 menit dari Lapangan Puputan, Gedung Taman Budaya, atau pusat perkantoran Renon.

"Ini juga membuat Pasar Kereneng menjadi populer," terang Bagus Askara yang juga maju sebagai calon legeslatif (caleg) DPRD Kota dari Partai NasDem dapil Denpasar Utara nomor urut 12.


Lanjutnya, bukan tidak mungkin kalau hingga tengah malam pasar kreneng ini masih ramai dikunjungi. Tidak hanya terdapat pakaian saja, namun terdapat beberapa wisata kuliner yang akan sangat disayangkan kalau dilewatkan bila tidak mengunjungi pasar kreneng di Kota Denpasar. 

"Hal menarik dari pasar ini adalah Pasar Kreneng menyediakan berbagai macam kuliner Bali seperti nasi babi guling hingga soto babi yang mungkin menjadi salah satu menu favorit untuk dinikmati," ucapnya.

Kemudian, bisa menikmati kuliner di Pasar Kereneng sangat khas suasana rakyat, orang menikmati makanan yang disajikan di atas sebuah meja panjang, di bawah naungan tenda atau terpal membaur dengan para pengunjung pasar yang berseliweran disekitarnya. 

"Istilah pasar kreneng sekarang juga diibiratkan pasar senggol. Bahkan, para pengamen pun turut menemani orang waktu santap malam di tengah hiruk pikuk pasar," imbuhnya.

Namun yang menjadi sorotan di pasar kreneng adalah masalah sampah yang masih berserakan yang dikarenakan para pedagang tidak begitu fokus untuk memperhatikan kebersihan lingkungan sekitar yang membuat suasana sekitar pasar kreneng menjadi jorok dan bau dengan sampah masih berserakan.

"Mustinya para pedagang harus bisa memperhatikan kebersihan. Jangan hanya bisa berjualan saja kalau kebersihan tidak ikut dijaga," pungkasnya. (DN - Bdi)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com