Gung Ronny: Lansia Perlu Mendapat Perhatian Pemerintah - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 250)

8/7/18

Gung Ronny: Lansia Perlu Mendapat Perhatian Pemerintah


Denpasar, Dewata News. Com - Berbagi kebahagian tidak hanya bisa dilakukan hanya dengan keluarga saja, namun bisa dilakukan dengan siapa saja. Salah satunya bisa dengan para lanjut usia (lansia) di Panti Sosial Tresna Wredha Wana Seraya di Jalan Gumitir No. 66 Kesiman, Kertalangu, Denpasar. 

"Panti Sosial ini rata-rata usia lansia antara 60-90 tahun, dan lansia di Panti Sosial ini ada yang memiliki sanak saudara, ada tanpa sanak saudara, serta ada juga yang sebatang kara,” ujar I Gusti Agung Ronny Indra Wijaya yang akrab disapa Gung Ronny, Selasa (7/8).

Dikatakan, para lansia di Panti Sosial ini sudah dibekali berbagai ketrampilan untuk mengisi hari-hari mereka agar tidak membosankan. Bahkan para lansia ini mampu membuat kerajinan seperti gantungan kunci, gelang, sapu lidi, dan berbagai perlengkapan upacara keagamaan tentunya. Sayangnya hasil kerajinan mereka hanya bisa dijual dilingkungan tempat mereka berada saja. 

"Padahal kalau hasil kerajinan mereka bisa dijual keluar, pastinya hasil yang diperoleh dari penjualan bisa tabung,” terang Gung Ronny calon legeslatif (caleg) DPRD Provinsi Bali dapil Kota Denpasar dari Partai NasDem nomor urut 5.   

Kemudian, bila dilihat kehidupan para lansia yang tinggal di Panti Sosial tidak sama dengan kehidupan para lansia pada umumnya yang tinggal dalam sebuah keluarga. Apalagi tidak banyak orang yang bisa memahami seperti apa kondisi para lansia ketika yang berada di Panti Sosial yang terus merasakan ketersendirian yakni jauh dari sanak keluarga, teman, kerabat, dan lain sebagainya. 

“Bagaimana pun juga lansia itu buat kita adalah keluarga yang harus diperhatikan dan juga harus mendapatkan kebahagian diusianya yang sudah lanjut,” ucapnya.

Ditambahkan, para lansia yang sehat dan produktif dari tingkat Sumber Daya Manusia (SDM) dirasakan akan mampu memberikan sumbangsih pemikiran buat kemajuan di daerah. Karenanya, pemerintah selain harus terus memperhatikan para lansia juga harus bisa membuatkan tempat bernaung sebagai tempat dalam menyalurkan ide, saran, dan masukan agar bisa ditampung bersama dalam satu pemikiran yang nantinya akan bisa berguna buat masyarakat banyak. Apalagi tujuan yang akan dicapai kedepannya adalah terus berupaya untuk bisa mensejahterakan masyarakat Bali. (DN -Bdi)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com