BWS Bali Penida Segera Perbaiki Tanggul Penahan Abrasi Pantai Air Sanih - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 250)

6/18/18

BWS Bali Penida Segera Perbaiki Tanggul Penahan Abrasi Pantai Air Sanih

Kondisi Senderan di Air Sanih © Foto by Ist
Buleleng, Dewata News. Com — Kian parahnya kerusakan tanggul penahan abrasi pantai di kawasan Obyek Wisata Air Sanih, Desa Bukti, Kecamatan Kubutambahan segera mendapat penanganan perbaikan.

Sebab, ambrolnya tanggul penahan abrasi pantai itu sudah mengancam dinding kolam permandian alam Air Sanih, sebagai salah satu destinasi wisata di Buleleng. Terlebih kerusakan tanggul penahan abrasi pantai itu sudah terjadi sudah setahun lebih. ”Tepatnya sejak Februari 2017”, jelasPengelola Kolam Permandian Air Sanih, Jero Made Sukresna.

Jero Made Sukresna yang juga Kelian Adat Desa Pakraman Yeh Sanih menyatakan kekhawatiran di saat sekarang musim liburan. ”Pengunjung juga sangat ramai. Tapi, selama air laut tidak naik ke kolam, ya masih kami operasikan. Tapi, kalau air laut naik, ditutup dulu, demi keselamatan,” ungkapnya ditemui, Senin (18/06) sore.

Terkait dengan kekhawatiran Kelian Desa Pakraman Yeh Sanih itu, Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Bali-Penida, Ketut Jayada mengaku, pihaknya sudah mengalokasikan dana sekitar Rp2 miliar untuk perbaikan tanggul penahan abrasi di kawasan tersebut.

”Sudah dianggarkan, dan bahkan proses lelang sudah. Jika tidak ada kendala, mungkin bulan depan sudah mulai kerja. Kalau enggak salah saya lupa anggarannya, sekitar Rp2 miliaran ya, dan khusus wilayah Sanih saja,” jelasnya.

Pengelola Kolam Permandian Air Sanih, Jero Made Sukresna menyebut ombak besar menghantam kawasan pesisir pada hari Sabtu (16/06) lalu, membuat bongkahan tanggul porak poranda.

Parahnya, air laut masuk ke kolam anak-anak yang posisinya paling dekat dengan sempadan pantai.

“Ini tinggal menunggu waktu saja. Kalau ada ombak besar lagi, kolam pasti akan jebol. Kami sudah tidak punya pilihan lagi. Kalau jebol, ditutup sementara,” kata Jero Sukresna. (DN ~ TiR).— 

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com