Bupati PAS Minta Penerapan E-Katalog Daerah Dipercepat - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 250)

2/15/18

Bupati PAS Minta Penerapan E-Katalog Daerah Dipercepat


Buleleng, Dewata News. Com — Saat ini pengadaan barang dan saja sudah memakai sistem informasi ataupun secara elektronik. Buleleng pun menggunakan sistem tersebut melalui Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE). Dengan sistem ini, tidak ada intervensi kepala daerah dalam hal pengadaan barang dan saja.

Dengan acuan dimaksud, Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, ST meminta kepada Bagian Layanan Pengadaan (BLP) untuk segera membuat E-Katalog daerah untuk lebih mengembangkan para penyedia ataupun pengusaha lokal.

Permintaan tersebut diungkapkan Bupati Agus Suradnyana saat ditemui usai membuka Sosialisasi Pengadaan Barang dan Jasa Dengan SPSE Versi 4.2 yang diselenggarakan di Hotel Banyualit, Rabu (14/02).

Bupati PAS sapaan akrab Putu Agus Suradnyana, sebelumnya menjelaskan ada regulasi-regulasi saat ini dalam hal pengadaan barang dan jasa yang secara bertahap menggunakan sistem elektronik. Dengan sistem elektronik transparansi dan akuntabilitas akan terjaga.

”Pemkab Buleleng, juga dalam hal perencanaan ingin melakukan efisiensi di depan dengan adanya Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SIRUP) atau E-planning. Jadi setiap OPD yang membuat perencanaan sudah sangat detail dengan sistem eletronik tersebut. Mereka akan tahu betul berapa anggaran yang diperlukan. Parameter pemerintah juga sudah berubah sekarang, yaitu membuat perencanaan yang baik, eksekusi dan outcome kepada masyarakat, jelas PAS.

Guna mengembangkan pengusaha lokal agar bisa bersaing dalam tender atau pengadaan di pemerintah, Bupati PAS meminta kepada Kepala BLP untuk memberikan simulasi dan bimbingan teknis kepada penyedia lokal. Hal ini diperlukan untuk peningkatan kapasitas para penyedia lokal untuk mengakses SIRUP dan selanjutnya tender secara elektronik.  ”Apalagi pengadaan di bawah Rp200 juta pun mengacu kepada sistem seperti penggunaan E-katalog dan sebagainya. Kita akan terus melakukan sosialisasi, simulasi dan bimtek,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala BLP Buleleng, Made Budhi Setiawan mengungkapkan Sosialisasi ini bertujuan untuk menghadapi perkembangan Sistem Elektronik Pengadaan. Sosialisasi ini ditujukan untuk para operator pengelola barang dan jasa di masing-masing OPD serta penyedia di Kabupaten Buleleng.

”Penguasaan pada aplikasi barang dan jasa oleh operator dan penyedia juga ditekankan dalam sosialisasi ini. Pada SPSE versi terbaru ini penyedia harus mendaftarkan perusahaan mereka, sehingga kita sosialisasikan hari ini. Begitu juga dengan operator serta pengelola pengadaan barang dan jasa kita mantapkan lagi," imbuhnya. (DN ~ TiR).—

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com