2018, Undiksha Siap Tampung 3000 Mahasiswa Baru - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 250)

2/15/18

2018, Undiksha Siap Tampung 3000 Mahasiswa Baru


Buleleng, Dewata News. Com —Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja merupakan institusi pendidikan tinggi negeri yang mencetak sumber daya manusia dalam bidang kependidikan dan non kependidikan.

Dalam bidang pendidikan, Undiksha sebagai satu-satunya Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) Negeri di Singaraja, Bali merupakan pencetak sumber daya menusia pendidik terbesar di Bali. Sampai saat ini Undiksha telah menghasilkan lebih dari 33.000 lulusan yang sebagian besar merupakan tenaga pendidik.

Undiksha memiliki ketersediaan sarana prasarana pendukung perkuliahan yang sangat memadai, ruang kuliah nyaman, hotspot area, sport center, ruang teater, perpustakaan, asrama mahasiswa dan layanan akademik. Selain itu juga beberapa beasiswa yang ditawarkan seperti Beasiswa Bidikmisi, Beasiswa Peningkatan Prestasi akademik (PPA), Beasiswa Biaya Afirmasi Pendidikan Tinggi (Adik) Papua, dan Beasiswa Bank Indonesia.

Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja, Buleleng, Bali, siap menerima mahasiswa baru sebanyak 3.000 orang pada tahun ini untuk tujuh fakultas yang dimiliki, melalui tiga jalur penerimaan mahasiswa baru.

"Kami akan menjaring calon mahasiswa baru melalui tiga jalur yang berbeda yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) dan jalur mandiri”, kata Rektor Undiksha, Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd kepada sejumlah awak media cetak maupun media elektronik di Singaraja, Rabu (14/02) siang.

Ia mengatakan, Undiksha menerima kuota mahasiswa masing-masing 50 persen kuota melalui jalur SNMPTN, 40 persen kuota melalui jalur SBMPTN dan 10 persen kuota melalui jalur mandiri.

Penerimaan mahasiswa baru akan diprioritaskan pada dua jalur penerimaan SNMPTN dan SBMPTN. Apabila di kedua jalur tersebut sudah memenuhi penerimaan mahasiswa, maka tidak lagi dilakukan penerimaan pada jalur mandiri. Tetapi dari pengalaman yang ada, pasti ada saja kekurangan pada beberapa prodi dari penerimaan jalur SNMPTN dan SBMPTN. Jadi, masih ada slot untuk jalur mandiri.

"Tahun ini, kami lebih fokus pada kualitas sehingga diperkirakan paling banyak menampung mahasiswa sekitar 3.000 orang saja, melihat keadaan kelas yang ada sehingga diharapkan ada kelas sisa untuk kegiatan tambahan mahasiswa”, terangnya.

Undiksha Singaraja, kata Jampel, memiliki tujuh fakultas dengan puluhan program studi yang rata-rata kini sudah berstatus terakreditasi A dan B.

"Kedepan akan kita target akreditasi A untuk lembaga dapat tercapai”, terangnya.

Sementara itu, jalur SNMPTN tahapan pendaftarannya mulai dibuka pada 13 Januari 2018 sampai dengan 06 Maret 2018 yang diawali sebelumnya oleh kepala sekolah melakukan pengisian data sekolah dan siswa di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) melalui website pdss.snmptn.ac.id. atausnmptn.ac.id.

Selain itu, pendaftaran SBMPTN juga dilakukan secara online melalui halaman website http://sbmptn.ac.id.Pendaftaran UTBC dan UTBK dimulai tanggal 5 April 2018 pkl. 08.00 WIB dan berakhir tanggal 27 April 2018 pkl. 22.00 WIB. Pendaftaran online atau UTBK ditutup apabila jumlah kuota pendaftraan terpenuhi. Jenis ujian UTBC (ujian tulis berbasis cetak) dan UTBK (ujian tulis berbasis computer) akan dilaksanakan Selasa, 8 Mei 2018.

"Pengumuman lainnya mengenai SNMPTN, SBMPTN dan jalur mandiri dapat dilihat di halaman website yakniUndiksha.ac.id. Jika masih kurang jelas, masyarakat dapat menghubungi Bagian Humas Undiksha melalui telepon (0362) 22570 atau emailhumas@Undiksha.ac.id," katanya. (DN ~ TiR).—

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com