Kabupaten Buleleng Raih Predikat Peduli HAM Tahun 2017 - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 250)

12/10/17

Kabupaten Buleleng Raih Predikat Peduli HAM Tahun 2017


Buleleng, Dewata News. Com —Prestasi Nasional kembali diraih Pemerintah Kabupaten Buleleng. Kali ini penghargaan diraih dalam bidang Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM). Kabupaten Buleleng terpilih sebagai Kabupaten Peduli HAM tahun 2017.
 
Penghargaan ini diserahkan secara simbolis oleh Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo dalam kegiatan perayaan Hari HAM se-dunia ke 69 tahun 2017. Kegiatan ini dipusatkan di Hotel Sunan, Solo, Jawa Tengah, Minggu (10/12). Penghargaan untuk Kabupaten Buleleng diterima oleh Asisten Bidang Pemerintahan Setkab Buleleng, Made Arya Sukerta, SH.,MH mewakili Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, ST.
 
Ditemui usai acara, Arya Sukerta menjelaskan kegiatan ini diselenggarakan berkaitan dengan Hari HAM Se-dunia ke 69 oleh Kementrian Hukum dan HAM. Selain menerima penghargaan, Kabupaten Buleleng juga mengikuti pameran mengenai usaha pemenuhan hak asasi seorang manusia di Buleleng. "Kegiatan ini dibuka oleh Pak Presiden, kemudian dirangkaikan dengan pameran pemenuhan hak asasi yang berjalan di masing-masing daerah. Kita juga mengikuti pameran tersebut," jelasnya.
 
Arya Sukerta juga mengungkapkan, Kabupaten Buleleng bersama provinsi dan kabupaten/kota lainnya berhasil meraih predikat peduli HAM melalui beberapa indikator. Indikator ini, yaitu pemenuhan kebutuhan dasar ataupun hak asasi masyarakat pada tahun 2016 lalu. Hak asasi masyarakat tersebut merupakan hak yang mendasar untuk dipenuhi.
 
"Dalam kriteria tersebut terutama dalam hal pemenuhan hak dasar kita masuk sebagai kabupaten yang peduli terhadap HAM," ungkap mantan Kepala Dinas Perhubungan ini.
 
Menurut Arya Sukerta, bahwa hak asasi yang dinilai tersebut adalah hak atas kesehatan, hak atas pendidikan, hak perempuan dan anak, hak atas kependudukan, hak atas pekerjaan, hak atas perumahan, dan hak atas lingkungan yang berkelanjutan.
 
Selain indikator pemenuhan hak mendasar tersebut, ada pula implementasi aksi HAM 2016-2017. "Untuk implementasi aksi HAM 2016-2017 kita mendapat nilai 3 dan pemenuhan hak mendasar memperoleh rata-rata nilai 86,39 dengan nilai tertinggi yaitu hak atas lingkungan yang berkelanjutan sebesar 96 dan hak atas pendidikan sebesar 90. Jadi total nilai kita 89,39 dengan kategori peduli HAM," tandas Arya Sukerta. (DN ~ TiR).—

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com