Gede Prama Sambangi Klungkung Untuk Sebarkan Kedamaian - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

5/14/17

Gede Prama Sambangi Klungkung Untuk Sebarkan Kedamaian


Klungkung, Dewata News. Com - Gede Prama, yang merupakan seorang guru dan pelayan dijalan meditasi, hadir di Kabupaten klungkung untuk bertutur tentang kedamaian jiwa dan keluarga Sabtu ( 13/5). Bertempat di Balai Budaya Ida Dewa Agung Istri Kanya, Gede Prama membius  ratusan undangan yang hadir melalui wejangan dan senandung lagu  lagu sederhana namun mampu mendamaikan jiwa para undangan yang hadir.

“Acara ini sejalan dengan semboyan Pemkab Klungkung yaitu Gema Santi yang berarti menyuarakan kedamaian, semoga fibrasinya bisa dirasakan dan menjadi tuntunan hidup bagi masyarakat Klungkung dan bahkan seluruh umat manusia,” ujar Gede Prama yang disaksikan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dan Ny. Ayu Suwirta.   
Menurut Gede Prama, jiwa yang ada dalam tubuh manusia hanya menginginkan kedamaian. Semua jiwa yang gelisah dan penuh ambisi pasti rindu pulang ke rumah penuh damai. Untuk itu program Gema Santi atau Gema Perdamaian harus didukung.

Rumah yang indah adalah jiwa yang damai. Jika jiwa tidak menemukan rumah indah/kedamaian pada tubuh manusia maka akan jiwa akan sakit, tertekan, marah,badmood dan sebagainya.  Maka untuk menemukan kedamaian jiwa atau rumah yang indah maka manusia hendaknya menerima apapun  kekurangannya.

Dalam kekurangan juga terdapat sisi yang indah yang akan membawa jiwa menemukan rumah yang indah didalam tubuh manusia. Perasaan yang tertekan saat kecil dan tertumpuk disaat dewasa akan tumbuhlah menjadi kesedihan. Gede Prama membeberkan cara melawan kesedihan adalah dengan berimajinasi mendekap seorang bayi yang menangis diiringi dengan melantunkan lagu anak nina bobo atau Cening puti Ayu, yang memiliki lirik bermakna sangat dalam.

Begitu pula jika munculnya kenangan buruk, kesedihan, badmood, Gede Prama menganjurkan untuk membayangkan sedangkan mendekap bayi menangis sambil menyanyikan lagu nina bobo. Dengan cara ini otomatis segala kesedihan, badmood akan bisa berkurang dan bahkan hilang, karena bayi menangis adalah simbul dari masa kecil yang tertekan.

Untuk menciptakan jiwa yang damai, Gede Prama juga meminta untuk tidak terlalu bersaing dalam menjalani hidup. Karena persaingan menjadikan seserorang menjadi orang lain,  bukan menjadi diri kita sendiri. Sehingga tubuh tidak akan menjadi rumah kedamaian bagi jiwa. Manusia juga hendaknya tidak memaksakan kehendaknya untuk sama satu sama lain. Karena setiap manusia memilki karakter yang berbeda beda. 


Gede Prama mengambil contoh pohon kamboja yang hidup ditanah, dan lotus yang hidup di lumpur. Jika salah satunya dipaksakan hidup bukan ditempatnya maka tidak akan terjadi kedamaian. Begitu pula binatang bebek yang girang ketika hujan, berbeda dengan ayam yang malah berteduh ketika hujan. 

Rumah Kedamaian diluar yaitu keluarga, saat ini banyak terjadi perceraian, pasien RSJ yang terus bertambah hal itu diakibatkan karena tidak adanya kedamaian di rumah tangga. Keluarga adalah kumpulan individu yang berbeda, jadi jangan dipaksalkan untuk sama. Karena jika dipaksakan untuk sama maka akan terjadi peselisihan dan pertentangan. Perbedaan itu bisa menjadi pelangi yang indah jika satu sama lain saling menerima.

Tiga rahasia rahasia wanita pujilah kecantikan wanita, karena wanita suka kecantikannya dipuji. Rahasia kedua kenali lubang jiwa pasangan lubang jiwa ini merupakan hrasrat dari pasangan yang tidak terpenuhi ketika sebelum menikah. Ketika hasrat itu terpenuhi maka keluarga selamat dan jiwa juga selamat.

Di tengah tengah acara, ratusan undangan yang terdiri dari perwakilan pelajar, sekaa truna, prajuru adat, para Pemangku, PNS dan masyarakat umum juga diajak untuk melakukan meditasi. Meditasi ini bertujuan untuk mengheningkan dan mengistirahatkan jiwa dan pikiran dari berbagai permasalahan duniawi. Lewat meditasi pernafasan ini para peserta diajak untuk menerima semua karunia tuhan baik buruk suka atau tidak karena semua adalah karunia tuhan yang harus dilewati.

“Apapun karunia tuhan, baik atau buruk, suka atau tidak, terima saja mengalir, senyum, semua adalah tarian Tuhan kembalilah ke nafas,”ujar Gede Prama

1 comment:

  1. untuk tulisan Guru Gede Prama yg terbaru bisa dibaca di
    https://www.belkedamaian.org

    ReplyDelete

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com