Berswadaya Mengelola Sampah Desa di TPS 3R Desa Tangkas - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

11/13/16

Berswadaya Mengelola Sampah Desa di TPS 3R Desa Tangkas


Klungkung, Dewata News. Com - Sejak awal tahun 2016 Tangkas Desa Tangkas-Klungkung membulatkan tekad untuk mengelola sampah desa secara mandiri.  Sistem penanganan sampah berbasis masyarakat tersebut diberi nama Tempat Pengelolaan Sampah (TPS)  3R Darma Winangun. TPS 3 R Darma Winangun desa Tangkas kini menjadi satu satunya program pengelolaan sampah berbasis masyarakat di Kabupaten Klungkung.

Ketua KSM TPS 3R I Ketut Darmawan pada keteranganya di Klungkung Minggu (13/11/2016) menyampaikan upaya pengelolaan sampah secara swadaya sebagai upaya untuk terus menyadarkan warga agar mereka tdk terbiasa membuang sampah di kali atau malah membakar ditelajakan jalan raya. "Kan desa kelihatan jorok jadinya padahal mereka rumahnya bagus bagus. Setiap saat kita sadarkan warga melalui sosiakisasi" kata Darmawan

Menurut Darmawan, saat ini Desa Tangkas telah memiliki TPS yg sangat representatif dng 6 orang tenaga operasional. Periode pertama TPS Desa Tangkas melayani 100 Kepala keluarga (KK),  kini telah melayani 132 KK. guna mengoptimalkan layanan tahap kedua dng target hingga 200 kk seluruh banjar di desa tangkas yg terdiri dari 6 banjar diberikan sosialisasi tentang pengelolaan sampah dan bahaya sampah.

Bendesa adat TangkasDrs I Made Purnama mengungkapkan pengelolaan sampah swadaya dilakukan sebagai upaya melaksanakan komitmen para tokoh masyarakat adat dan dinas untuk mewujudkan Desa Tangkas yg bersih dan sehat bebas sampah. "upaya sosialisasi terus dilakukan secara periodik dan berkelanjutan dengan melibatkan komponen desa" ujar Purnama.

salah satu acara sosialisasi dilakukan pada 6-11 Nopember 2016 di Pura Kahyangan Tiga Desa Tangkas. Acara sosialisasi dilakukan bertepatan dengan turunnya krama banjar untuk ngayah dalam rangka ngusabha desa.

Narasumber yg dihadirkan yaitu dari Bank Sampah Ketapian Kesiman Denpasar Luh Gde suasti, SH  tentang manfaat bank sampah untuk kebersihan desa dan kesejahteraan nasabahnya. Fasilitator dari Satker PLP Pu Prov Bali  Dewa Alit Setiarsa. ST  tentang maslah pengelolaan sampah dan TPS 3 R dan dan I Ketut Darmawan mengenai kondisi kebersihan desa tangkas sebelum ada tps 3 R dan setelah ada TPS 3 R dimana desa sdh mulai bersih dan di sungai juga jarang ditemukan sampah.

Pengelolaan sampah swadaya kini terus di sosialisasikab.  Dimana seluruh pembiayaan kegiatan berasal dari operasional TPS 3 R dan dari hasil iuran pelanggan sampah. (DN - MuL)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com