Tips agar Terhin dar Penipuan Lewat SMS atau Email - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

9/24/13

Tips agar Terhin dar Penipuan Lewat SMS atau Email

Dewata News ( Ilustrasi Penipuan )


Dewata News - Jakarta

Mungkin anda pernah menerima SMS ataupun Email yang menyatakan bahwa anda adalah Pemenang Utama sebuah kompetisi ataupun Undian yang mungkin tak pernah anda ikuti sama sekali , Maka anda telah menjadi korban sebuah penipuan tersebut.

Namun ternyata banyak korban yang dengan gampangnya diperdaya dengan berbagai modus tipuan kelas teri seperti itu sehingga akhirnya kemudian muncul berbagai pemberitaan mengenai kasus penipuan yang bahkan bisa merugikan hingga miliaran rupiah.

Namun kalau saja mereka mengetahui ciri-ciri penipuan saat menerima SMS ataupun Email , tentunya hal seperti ini tidak akan pernah terjadi . Lantas seperti apa saja Tips cara untuk identifikasi tindak penipuan seperti ini ?

1. Menggunakan Nama Besar dan Terpercaya
Biasanya para pelaku penipuan menggunakan nama besar untuk memperdaya korbannya, hal tersebut dilakukan agar sang korbannya memposisikan dirinya sebagai individu yang diperhatikan oleh sosok besar. Nama besar yang dimaksud ini bisa mulai dari Nama Perusahaan, Institusi atau bahkan pihak berwajib seperti kepolisisan. Sebagai contoh, sering terjadi penipuan yang mengatas namakan sebuah perusahaan besar , seringkali korbannya disebut menang dalam sebuah undian dari perusahaan tersebut padahal mereka sama sekali tidak pernah mengikuti satu undian pun. Ada juga Penipuan melalui Email yang mengatakan berasal dari salah satu keluarga kerajaan di negeri antah berantah sana sehingga sang korban diminta mengirimkan sejumlah uang dan nanti dibalas dengan angka berlipat.

2. Menggunakan Nomor Kontah Aneh
Mungkin anda menjadi salah satu korban, dalam SMS ataupun Email penipuan seperti ini korban diminta untuk menghubungi nomor kontak perusahaan guna mendapatkan iformasi mengeai undan yang baru saja mereka menangkan. Namun anehnya seringkali yang dipakai ini tak lazim.

3. Tidak Muncul di Media Massa
Sering sekali sebuah undian dipublikasikan di Media Massa, entah itu lewat pemberitaan atau juga bisa lewat iklan. Maka jika anda mendaptkan pemberitahuan telah memenangkan sebuah undian segera periksa hal ini di media masa, jika tidak ada iklan seputar undian semacam ini maka sebaiknya segera anda abaikan saja .

4. Menggunakan situs abal-abal
Penipu biasanya juga membuat situs online untuk mencantumkan nama pemenang undian yang sebenarnya adalah korban. Hal tersebut tentu saja bisa menipu karena situs tersebut bisa di duplikasi dari situs resminya. Namun begitu, kebanyakan penipu sendiri tidak mau susah-suah dalam membangun situs ini. Mereka menggunakan layanan blog gratis, Maka jangan percaya dengan situs perusahaan besar yang menggunakan platform blogging gratisan macam ini .

5. Meminta Data Pribadi
Data pribadi seperti nomor rekening Bank dan Kartu Kredit merupakan data rahasia yang hanya boleh diketahui oleh pemiliknya saja. Tidak boleh seseorang pun meminta data seperti ini secara tiba-tiba termasuk penyelenggara undian .

Semoga Tips yang kami berikan bermanfaat dan anda bisa terhindar dari penipuan .

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com