Jelang hari Raya, Sari Galung Harap Disperindag Bali Bisa Antisipasi Kenaikan Kebutuhan Pokok - Dewata News

Breaking News

4/5/21

Jelang hari Raya, Sari Galung Harap Disperindag Bali Bisa Antisipasi Kenaikan Kebutuhan Pokok

 

Denpasar, dewatanews.com - Jelang Hari Raya Galungan dan Kuningan pada pertengahan bulan April ini, kebutuhan pokok bisa dipastikan akan mengalami kenaikan. Untuk itu, salah satu anggota Komisi IV DPRD Bali dari Fraksi PDI Perjuangan Ni Wayan Sari Galung, S.Sos berharap Dinas terkait bisa mengantisipasi nya agar tidak memberatkan masyarakat.

"Khusus untuk cabai, kenaikannya dipengaruhi oleh faktor cuaca yang kurang mendukung. Sehingga terjadi penghambatan distribusi. Makanya naiknya harga cabai jadi tidak stabil," ujar Sari Galung, Senin (5/4/2021).

Lanjutnya, kondisi kesulitan ekonomi dimasa Pandemi Covid-19 jadi sangat berpengaruh sekali. Agar kenaikan harga kebutuhan pokok kenaikannya bisa tekan agar harganya tidak melambung tinggi jelang Galangan dan Kuningan.

"Untuk itu sangat diperlukan sekali peran pemerintah yakni Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Bali untuk bisa menekan inflanasi kenaikan agar tidak terlalu melambung tinggi naiknya, yang mana harga cabai diperkirakan sempat mencapai Rp 100 ribu per kilonya," terangnya.

Sementara untuk kenaikan harga daging babi jelang Galungan dan Kuningan, dipastikan juga akan mengalami kenaikan harga. Itu dikarenakan para peternak babi juga mengalami kesulitan pendistribusian.

"Semoga dengan kenaikan harga kebutuhan pokok disejumlah pasar tradisional maupun modern yang naiknya tidak stabil ini, tidak akan menyurutkan masyarakat untuk tetap beraktifitas seperti biasanya, baik dalam menjalankan rutinitas keagamaan atau lainya," imbuhnya.

Dilain pihak, Kepala Disperindag Bali I Wayan Jarta menegaskan harga cabai yang melonjak memang karena faktor cuaca yang buruk. Sehingga itu menjadi pengaruh menghambat petani dalam pendistribusian.

"Kami dari Dinas akan terus melakukan pengecekan kesejumlah pasar di Bali. Semoga bisa menemukan solusi untuk mengantisipasi kenaikan harga kebutuhan pokok jelang Galungan dan Kuningan naiknya tidak terlalu tinggi," tambahnya. (DN - Bdi)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com