Pelaksanaan US di SMAN 5 Denpasar Menggunakan Sistem Quilgo - Dewata News

Breaking News

3/23/21

Pelaksanaan US di SMAN 5 Denpasar Menggunakan Sistem Quilgo

 

Denpasar, dewatanews.com - Pelaksanaan Ujian Sekolah (US) lewat daring yang sudah berlangsung dari tanggal 17 sampai 26 Maret 2021. Untuk di SMAN 5 Denpasar pelaksanaan US lebih mengutamakan sistem google form (Quilgo).

Kepala SMA Negeri 5 Denpasar Cokorda Istri Mirah Kusuma Widiawati mengatakan terobosan sistem terbaru ini justru sangat dirasakan manfaatnya, sebab dibalik penggunaan sistem ini juga para siswa jadi tidak kesulitan dalam mengerjakan soal ujian.

"Secara teknis, siswa juga tetap disiplin mengikuti waktu ujian yang telah ditetapkan oleh sekolah. Mengingat, sistem yang dibangun di Quilgo memungkinkan dalam pengaturan waktu mulai dan waktu selesai dalam sebuah durasi ujian," ucapnya, Selasa (23/3/2021).

Sembari menyampaikan, buat di SMAN 5 Denpasar justru melihat sistem ini sangat. Karena para siswa lebih disiplin dalam mengikuti ujian yang tepat waktu, para guru pun juga lebih mudah membagikan soal melalui email siswa.

"Sebelumnya, Computer Based Test (CBT) seperti itu telah dilakukan dalam Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) sebelum pandemi melanda. Kini dengan pola yang sama mulai diterapkan untuk ujian sekolah saat ini," imbuhnya.

Cok Mirah menjelaskan, model ujian dengan memanfaatkan google form ini menjadi lebih efektif dan mudah. Hanya saja, dirinya mengakui, perlu menyiapkan SDM yang handal seperti proktor atau petugas pengendali server.

"Kami ada 12 proktor, karena jumlah kelas ada 12 dan setiap kelas diampu oleh seorang proktor," jelasnya.

Ditambahkan, pihak sekolah akan terus mengevaluasi ujian berbasis komputer yang memanfaatkan portal Quilgo itu. Jika kedepan tetap memungkinkan, maka pola yang sama akan tetap diterapkan pada ujian-ujian selanjutnya.

"Ini terobosan yang kita lakukan, dan baru pertama dilakukan di SMAN 5 Denpasar. Semoga dengan menggunakan sistem ini hasilnya bisa dapat memuaskan, dan para siswa bisa lulus 100% dengan perolehan nilai terbaik," tambahnya. (DN - Bdi)

 

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com