Kominfo Susun Strategi Dorong UMKM Masuk Platform Digital - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

Post Top Ad

Responsive Ads Here

6/27/20

Kominfo Susun Strategi Dorong UMKM Masuk Platform Digital


Jakarta, dewatanews.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan kementerian dan lembaga lainnya, termasuk para pemain e-commerce, untuk mendorong usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) bisa berjualan di platform digital.

"UMKM seperti apa yang bisa kita (konversi) online-kan,?" kata Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan memulai presentasinya dalam webinar "Kisah Sukses UMKM: Menjawab Masalah di Masa Pandemi dengan Solusi Kreatif", yang diadakan oleh Katadata, Sabtu (27/6).

Langkah utama yang mereka lakukan adalah memetakan bisnis UMKM seperti apa yang bisa ditunjang lewat berjualan secara online. Menurut Semuel, tidak semua bisnis yang berlangsung secara offline bisa dikonversi ke online.

Dia mencontohkan bisnis makanan, yang bisa dilakukan secara online adalah pembayaran, sementara pengambilan atau pengantaran produk tetap dilakukan secara offline, misalnya bekerja sama dengan jasa logistik.

Setelah memetakan bisnis secara online, UMKM perlu diperkenalkan kepada teknologi digital, supaya mereka bisa berjualan secara online seperti masuk platform e-commerce.

Bukan hanya berjualan, pelaku UMKM juga diharapkan memahami pemasaran secara digital lewat pelatihan yang diberikan, agar bisa meningkatkan penjual mereka.

"Kita harus memastikan UMKM ini konsisten dalam kualitas dan ketepatan waktu mengirim," kata Semuel.

UMKM yang masuk ke platform digital memiliki peluang untuk memperbesar bisnis mereka, baik dari segi ukuran bisnis maupun jenis produk yang dihasilkan, termasuk memasarkan produk mereka ke wilayah lain.

Untuk itu, pelaku UMKM harus bisa mempertahankan kualitas produk serta kemampuan berproduksi.

Kominfo menyelenggarakan beberapa program yang bisa dimanfaatkan oleh pelaku UMKM untuk membantu mereka berjualan secara digital, salah satunya adalah pelatihan kewirausahaan dalam program beasiswa Digital Talent Scholarship.

Pemerintah beberapa waktu lalu meluncurkan kampanye nasional Bangga Buatan Indonesia untuk mendukung UMKM yang terdampak pandemi virus corona. (DN - Ant)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here