Banyak Keluhan, Kinerja PDAM Klungkung Dievaluasi - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

6/12/20

Banyak Keluhan, Kinerja PDAM Klungkung Dievaluasi


Klungkung, dewatanews.com - Terkait banyaknya keluhan dan laporan yang ditujukan kepada PDAM Klungkung, baik saat turun ke masyarakat maupun yang disampaikan lewat media sosial, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menggelar rapat evaluasi membahas kinerja PDAM, Jumat (12/6). 

Pertemuan di ruang rapat Bupati Klungkung itu hadir Sekda Klungkung I Gede Putu Winastra, Dirut PDAM Nyoman Renin, Kepala Bapperlitbang Wayan Wasta, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Klungkung Anak Agung Gede Lesmana

Dalam amanatnya Bupati Suwirta mengingatkan jajaran PDAM jangan hanya bekerja dan turun ke lapangan saat terjadi laporan atau keluhan. "PDAM wajib melakukan evaluasi menyeluruh, serta harus berani turun ke lapangan berdialog dengan warga sebelum keluhan tersebut diposting ke media sosial." ujar Bupati Suwirta. 

PDAM utamanya di bidang teknis harus rajin turun memantau jaringan air, tidak hanya turun saat terjadi kerusakan jaringan/saluran. Sedangkan Kepada para Pengawas PDAM supaya terus memantau kinerja PDAM dan ikut memberikan kajian dan solusi terhadap permasalahan yang dialami PDAM.

Terkait usulan pelimpahan aset provinsi Bali yakni  UPT Air Mata Guyangan kepada Pemkab Klungkung. Karena saat ini terjadi dualisme pengelolaan yakni Pemkab dan Pemprov Bali sehingga Pemerintah pusat tidak berani membantu. Target 2021 sudah menjadi satu pengelolaan dengan PDAM Klungkung. Sekarang buat perencanaan apa yang menjadi kebutuhan. Sehingga saat aset tersebut sudah bisa diambil alih, bisa langsung dioperasikan. Saat ini jam operasional Air Guyangan hanya 8 jam padahal kebutuhan air selama 24 jam.

PDAM supaya lebih intens menjaga dan merawat jaringan atau saluran, sehingga tidak terjadi kebocoran pencurian air. Kedepan Direktur dan Pengawas PDAM harus berani membuat lompatan perencanaan yang pasti dan jelas yang dapat memperbaiki produktivitas PDAM. 

Untuk saat ini PDAM supaya tidak berpikir untuk menaikan tarif terlebih dulu. Menurut Bupati Suwirta, yang dapat menutupi kerugian PDAM hanya dengan optimalisasi pelayanan menuju pelayanan 100% dan optimalisasi SWRO Nusa Ceningan bisa segera salurkan.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com