Segera Dihelat Kejuaraan Jimbarwana Petanque Competition - Dewata News

Breaking News

Home Top Ad

Gold Ads (1170 x 250)

7/10/18

Segera Dihelat Kejuaraan Jimbarwana Petanque Competition


Denpasar, Dewata News. Com - Kejuaraan Jimbarwana Petanque Competition akan segera dihelat dari tanggal 4-5 Agustus 2018 di Lapangan Parkir Gor Pecangakan, Kabupaten Jembrana. Kejuaraan ini digelar oleh Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) Kabupaten Jembrana bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Jembrana dalam rangka ikut memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-999 Kabupaten Jembrana. “Ini adalah kali ketiga cabang olahraga (cabor) Petanque dipertandingkan dalam perayaan HUT ke-999 Kabupaten Jembrana,” ujar Ketua Umum FOPI Bali, I Nyoman Yamadhiputra, Selasa (10/7) di KONI Bali.

Dikatakan, Kejuaraan Jimbarwana Petanque Competition akan mempertandingkan 8 nomor seperti dinomor Shooting Putra, Shooting Putri, Single Putra, Single Putri, Double Putra, Double Putri, Triple Putra, dan Triple Putri. Semoga melalui Kejuaraan Petanque ini akan dapat meningkatkan kecintaan warga Kabupaten Jembrana. “Paling tidak dari olahraga Petanque ini akan dapat mengukir prestasi baik di tingkat daerah maupun ditingkat nasional,” terangnya. 

Lanjutnya, adapun ketentuan dari kontingen di Kejuaraan Jimbarwana Petanque Competition adalah utusan dari masing-masing FOPI kabupaten/kota se-Bali ditunjukkan dengan surat tugas dari Ketua Umum FOPI kabupaten/kota. Tiap kabupaten/kota hanya dapat mengirimkan 1 (satu) kontingen. “Kemudian untuk peserta adalah atlet yang  diutus oleh FOPI masing-masing kabupaten/kota yang ditunjukkan dengan surat tugas,” ucapnya.

Sementara, untuk atlet sendiri nantinya boleh merangkap bermain di 2 (dua) nomor, asalkan  tidak pada hari yang sama. Untuk batasan usia, dalam kejuaraan Pentanque ini tidak ada batasan usia atlet. Selain itu, nantinya tiap kontingen dapat mengikutsertakan maksimal 2 (dua) peserta dalam tiap-tiap nomor pertandingan. “Khusus untuk kontingen tuan rumah dapat mengirimkan lebih dari 2 (dua) peserta dalam tiap-tiap nomor yang dipertandingkan,” imbuhnya.

Yamadhiputra menjelaskan, bahwa dalam Kejuaraan Jimbarwana Petanque Competition ini ada peraturan dan sistem pertandingan yakni pertandingan nomor games menggunakan system round robbin pool. Untuk nomor Shooting seluruh atlet tampil diambil 4 terbaik. Sedangkan bagi yang belum lolos tampil kembali untuk dicari lagi 4 terbaik. Selanjutnya, Kedelapan atlet yang lolos tersebut tampil kembali untuk dicari lagi 4 peserta terbaik. Dan 4 (empat) orang atlet terbaik tersebut masuk ke babak semi final. Dimana terbaik pertama menghadapi terbaik keempat, terbaik kedua menghadapi terbaik ketiga. Bagi yang kalah dalam babak semi final ini memperoleh juara 3 bersama, dan yang menang akan maju ke babak final memperebutkan juara 1 dan juara 2,” jelasnya.

Ditambahkan, panitia akan menetapkan Juara Umum I, II dan III yang dilihat dari perolehan jumlah medali emas terbanyak. Jika sama, dilihat medali peraknya. Jika medali emas dan peraknya sama, dilihat jumlah medali perunggunya. Jika tetap sama, kontingen yang mengikutkan jumlah atlet yang lebih kecil/sedikit yang mendapatkan posisi juara umum yang lebih tinggi, dan itupun kalau nomor pertandingan diikuti oleh kurang dari 3 (tiga) peserta.  “Hasil pertandingan tersebut tidak dimasukkan dalam perhitungan juara umum,” tambahnya. 

Juara Umum akan memperoleh hadiah berupa uang pembinaan, piagam dan piala (Juara Umum I, II dan III). Total uang pembinaan sebesar  Rp.5.000.000,- 

Juara tiap-tiap nomor  (Juara 1, 2 dan juara 3 bersama) akan memperoleh piagam dan medali. Untuk biaya pendaftaran masing-masing nomor seperti dinomor Shooting dan Single  Rp. 25.000/orang, dinomor Double  Rp. 50.000/team, dan dinomor Triple  Rp. 75.000/team, serta diluar itu peserta menanggung sendiri biaya konsumsi, transportasi dan penginapan selama kejuaraan. (DN - BdI)

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com