Gubernur Pastika Ajak Masyarakat Maknai Sila ke 5 Pancasila - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

8/13/17

Gubernur Pastika Ajak Masyarakat Maknai Sila ke 5 Pancasila


Denpasar, Dewata News. Com.- Menjelang perayaan HUT Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang ke 79, Gubernur Bali Made Mangku Pastika mengajak masyarakat Bali untuk benar – benar memaknai dan mengamalkan sila – sila yang terdapat dalam Pancasila terutama sila ke lima yang berkaitan dengan keadilan sosial. Hal tersebut ia sampaikan dalam orasinya di Podium Bali Bebas Bicara Apa Saja (PB3AS) di Lapangan Puputan Margarana, Denpasar, Minggu (13/8).

“Jangan hanya bisa mengatakan Saya Indonesia Saya Pancasila, hafal dan paham tidak apa isi Pancasila?, dalam Pancasila ada keadilan sosial yang bermakna bahwa seluruh masyarakat Indonesia memiliki hak yang sama sebagai warga negara Indonesia, baik itu si kaya maupun si miskin, semuanya sama, tetapi apakah itu sudah berlaku?,” tegas Pastika yang tidak memungkiri bahwa saat ini pemahaman dan pengamalan tentang keadilan sosial dalam Pancasila masih belum berlaku dengan baik. Menurutnya, saat ini Pancasila hanya sekedar dihafalkan saja bahkan ada yang tahu maknanya namun tidak dilaksanakan. “Pancasila itu tidak hanya sekedar dihafalkan saja melainkan harus dihayati, diresapkan di dalam diri kemudian di amalkan,” imbuh Pastika. 

Oleh karena itu, Pastika mengaku berusaha untuk membuat program yang mampu memberikan keadilan sosial bagi seluruh masyarakatnya melalui program Bali Mandara sehingga masyarakat yang selama ini tidak atau mungkin belum memperoleh hak sewajarnya bisa merasakan hak yang sama. “Saya membuat program Bali Mandara yang kesemuanya pro rakyat miskin berupaya untuk memberikan keadilan sosial tersebut sehingga rakyat miskin ini bisa memperoleh hak yang sama, begitu juga dengan podium ini,” jelas Pastika yang menyatakan bahwa podium tersebut ia buat untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat yang selama ini tidak di dengar ataupun tidak bisa menyatakan aspirasinya menjadi bisa tanpa ada tekanan apapun. “Disini siapapun bisa bicara apa saja, berapapun lamanya dan tanpa sensor supaya kita pemerintah bisa mengetahui apa yang sebenarnya terjadi si masyarakat,” pungkasnya.


Lebih lanjut dalam orasinya, Pastika juga menyinggung dua hal mendasar yang mampu mengangkat kualitas sumber daya manusia yakni pendidikan dan kesehatan. Menurutnya dengan kedua hal tersebut, sumber daya manusia khususnya para generasi muda mampu untuk memberikan kontribusi yang positif dalam pembanguan saat ini yang serba cepat dan dinamis. Oleh karena itu ia mengharapkan agar masyarakat Bali selalu menjaga kesehatannya dengan baik dan juga tetap belajar dan berlatih meningkatkan kualitas diri sehingga mampu responsif terhadap perubahan yang sangat cepat saat ini. “Bukan yang terkuat, bukan yang terbesar, bukan yang terpintar, yang akan survive kedepan tetapi yang paling rsponsif terhadap perubahan itulah yang akan survive,”pungkasnya.

Sementara itu, selainorasi dari Gubernur Pastika, orasi juga disampaikan oleh Prof. Sukardika yang kembali mengapresiasi jalanya program Bali Mandara dan juga menyampaikan sebuah saran agar Pemprov Bali bisa merencanakan Bali menjadi destinasi pariwisata usia lanjut. Hal tersebut ia sampaikan dikarenakan banyak dari wisatawan yang menginginkan untuk menghabiskan usia lanjutnya di Bali karena menurut mereka Bali adalah pulau yang damai. Selain itu ada juga orasi dari Ketua OSIS SMK Kesehatan Bali Medika Denpasar Gusti Ayu Kade Wiwin Yuniarti yang mengajak anak – anak muda untuk berpola hidup sehat dikarenakan kesehatan tersebut sangat dibutuhkan dalam membangun daerah saat ini.

Selain orasi, dalam PB3AS kali ini juga diisi dengan penampilan paduan suara dan drumband dari SMK Kesehatan Bali Medika Denpasar. Usai melakukan orasi Gubernur Pastika menyempatkan diri untuk bertemu dengan salah satu lulusan SMAN Bali Mandara tahun 2016 yang diterima kuliah di Fakultas Kedokteran Universitas Udayana atas nama Ni Wayan Sinta Devi Arini. Saat ditemui ia sedang memberikan pelayanan kesehatan dalam Tim Bantuan Medis Janar Duta yang biasa memberikan pelayanan kesehatan setiap minggunya di sebelah podium PB3AS. Dalam kesempatan tersebut, Pastika berpesan agar selalu belajar dengan baik serta selalu berusaha dan berdoa sehingga ia mampu mengubah taraf hidup keluarganya menjadi lebih baik.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com