Wabup Sutjidra Apresiasi Pemberdayaan Masyarakat Desa Mayong - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

3/5/18

Wabup Sutjidra Apresiasi Pemberdayaan Masyarakat Desa Mayong


Buleleng, Dewata News. Com — Desa Mayong sebagai wakil dari Kecamatan Seririt pada Evaluasi Perkembangan Desa Tingkat Kabupaten Buleleng tahun 2018, Senin (05/03) merupakan desa ketiga yang dinilai setelah Desa Madenan, Kecamatan Tejakula dan Desa Tista, Kecamatan Busungbiu. Wakil Bupati Buleleng, dr. I Nyoman Sutjidra, Sp.OG yang berkesempatan hadir mendampingi Tim Penilai Kabupaten Buleleng mengapresiasi Pemerintahan Desa Mayong dalam hal pemberdayaan masyarakat.

Wabup Sutjidra mengakui sudah beberapa kali datang ke Desa Mayong, dan melihat banyak perkembangan yang terjadi di desa tersebut. Seperti dalam hal kewilayahan, Pemdes Mayong berhasil menyambungkan jalur antara Desa Banjar dan Desa Mayong pada tahun 2017 lalu. Terhubungnya dua desa ini akan memberikan implikasi yang positif kepada masyarakat. Masyarakat bisa menikmati terhubungnya jalur tersebut.

”Saya sudah beberapa kali datang kesini. Beberapa kali ini berarti sudah lebih dari lima kali. Sudah banyak perkembangan yang saya lihat,” jelasnya.

Mengenai pemberdayaan masyarakat, Wabup Sutjidra mengapresiasi pemberdayaan lansia yang telah dilakukan Pemdes Mayong pada kegiatan-kegiatan desa. Selain itu, pemberdayaan masyarakat secara menyeluruh juga telah dilakukan oleh Pemdes Mayong dalam berbagai kegiatan.

”Hal ini sudah sesuai dengan instruksi Bapak Presiden RI, Ir. Joko Widodo agar seluruh program kegiatan di desa di padat karya kan. Artinya masyarakat di desa harus diberdayakan dalam seluruh kegiatan yang didanai dari APBDes,” ujar Sutjidra.

Wabup Sutjidra menambahkan, pada saat tiba di tempat acara, Desa Mayong telah memiliki Bina Keluarga Balita (BKB). BKB yang ada merupakan anak-anak yang bermain pada masa golden age atau golden period yaitu umur 0-5 tahun. ”Dengan BKB ini mengingatkan kepada kita, bahwa anak-anak usia ini tidak perlu mendapatkan pelajaran yang berlebihan. Anak-anak ini tidak perlu mendapat macam-macam. Tidak perlu calistung. Ajarkan atau berikan mereka seperti tadi itu, merangkai motorik dan keterampilan,” imbuhnya.

Sebagai catatan kepada Desa Mayong, Wabup Sutjidra mengatakan selain BKB, ada pula Bina Keluarga Remaja (BKR). Remaja juga harus diberdayakan. Nantinya, setelah remaja, pada tingkat dewasa juga perlu diberdayakan. Jangan sampai pada saat menginjak dewasa terjadi pernikahan usia dini.

”Remaja juga harus diberdayakan diperhatikan. Seperti di Desa Mayong ini, saya baru pertama kali melihat dalam lomba evaluasi desa paduan suaranya remaja. Semoga ini bisa ditingkatkan terus,” tutupnya. (DN ~ TiR).—

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com