Sosialisasi UT, Bupati Suwirta Dorong Siswa Pintar Melihat Peluang

Klungkung, Dewata News. Com -  Dua tahun mendatang, Indonesia akan menghadapi bonus demografi. Dimana, angkatan pencari kerja akan lebi...


Klungkung, Dewata News. Com - Dua tahun mendatang, Indonesia akan menghadapi bonus demografi. Dimana, angkatan pencari kerja akan lebih banyak dari peluang yang ada. Sebagai generasi muda yang hidup diera globalisasi, seorang calon mahasiswa harus jeli dan pintar melihat peluang dan tantangan yang ada. Dorongan ini disampaikan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta saat mengisi kegiatan sosialisasi Universitas Terbuka (UT) bagi siswa SMA/SMK di Kabupaten Klungkung. "Dalam memilih jurusan dibangku kuliah harus mampu melihat pemetaan tentang lowongan pekerjaan terkini. Sehingga, ketika telah tamat dari bangku kuliah bisa langsung diterima didunia kerja," ujar Bupati Suwirta di Wantilan SMA Negeri 1 Nusa Penida, Senin (5/2). 

Khusus di Nusa Penida, peluang yang ada dan terus berkembang saat ini adalah sektor pariwisata. Menurut Bupati, seorang pekerja pariwisata tidak harus lulusan sekolah pariwisata, namun juga dari berbagai jurusan. Untuk itu para calon mahasiswa hendaknya tidak sekedar ikut-ikutan atau memilih jurusan hanya karena gengsi. 

Kepada para Guru pengajar, Bupati mengingatkan untuk tidak memaksa para murid berprestasi di berbagai akademik. "Jika seorang siswa berprestasi bidang olahraga maka bimbinglah serta dukung hingga menjadi atlet berprestasi sesuai bakatnya. Jangan paksakan untuk berprestasi diberbagai bidang," ujar Bupati Suwirta disambut tepuk tangan ratusan siswa. 

Universitas Terbuka (UT) yang merupakan sebuah perguruan tinggi negeri ke -45 di Indonesia adalah salah satu solusi untuk menguatkan kompetensi dalam menghadapi bonus demografi. Kampus ini diresmikan pada  4 September 1984, oleh Presiden Soeharto. Terbuka artinya setiap orang yang telah lulus SMA/SMK/MA atau sederajat dapat menjadi mahasiswa Universitas Terbuka (UT) tanpa pembatasan tahun ijazah, usia, dan lama studi. Sistem pembelajaran dijembatani dengan penggunaan media dan teknologi belajar berupa bahan ajar yang dirancang secara khusus agar dapat dipelajari secara mandiri. Pilihan cara belajar bisa dengan tatap muka langsung atau online sesuai kebutuhan masing-masing mahasiswa. UT memungkinkan setiap orang diberbagai pelosok tanah air, baik yang belum maupun sudah bekerja dapat mengikuti pendidikan tanpa terkendala ruang, waktu, dan keterbatasan biaya pendidikan. 

Sosialisasi program UT diikuti ratusan peserta, yang berasal dari siswa kelas 9 dari sejumlah sekolah di Kecamatan Nusa Penida. Diantaranya SMAN 1 Nusa Penida, SMK 1 Nusa Penida, SMA Satu Atap Klumpu dan SMA Satu Atap Tanglad.

Berita Terkait

Kabar Klungkung 8963211381902834307

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

YURA Shop

item