Kunjungi SMA/SMK Negeri Bali Mandara, Pastika : Saya Tidak Pernah Berpikir Akan Bisa Mewujudkan Sekolah Gratis Bagi Masyarakat Miskin - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

1/6/18

Kunjungi SMA/SMK Negeri Bali Mandara, Pastika : Saya Tidak Pernah Berpikir Akan Bisa Mewujudkan Sekolah Gratis Bagi Masyarakat Miskin



Buleleng, Dewata News. Com - Tak ada yang menyangka keberadaan SMA/SMK Negeri Bali Mandara akan seperti saat ini, berbagai torehan prestasi baik akademik maupun non-akademik telah mampu diraih oleh siswa-siswi sekolah Bali Mandara diusianya yang masih cukup muda. Tak terkecuali Gubernur Bali Made Mangku Pastika yang tak pernah menyangka akan mampu mewujudkan impiannya untuk mendirikan sekolah gratis bagi masyarakat miskin. Pemikiran tersebut ada di benak Pastika melihat masih tingginya angka putus sekolah di Bali akibat faktor ekonomi keluarga. Untuk itulah, pemerintah Provinsi Bali dibawah kepemimpinanya bersama Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta mendirikan SMA/SMK Negeri Bali Mandara di Desa Kubutambahan, Buleleng.

"Tidak pernah terpikir, saya akan bisa mewujudkan sekolah gratis bagi masyarakat miskin. Sekolah ini dibangun untuk memutus rantai kemiskinan yang ada di Bali, kita tau masih banyak siswa yang putus sekolah akibat faktor ekonomi keluarganya. Kalian (peserta didik- red) yang ada disini, adalah orang beruntung. Disini kalian dimanjakan dengan fasilitas yang sangat lengkap, guru yang terbaik dan pendidikan yang sangat bagus. Jadi saya berharap banyak kepada kalian semua, kalian adalah tumpuan keluarga. Buat orang tua kalian bangga dan tanamkan semangat untuk mengangkat derajat orang tua kalian," ujar Pastika ketika berkunjung bersama para Sulinggih dan Pinandita, Prof. Ben. L. Pfiefer, jajaran World Hindu Parisad, Paiketan Krama Bali, Dewan Persatuan Pakraman Indonesia (DPPI) Bali, Pengurus Peradah Bali, Pengurus KMHDI Bali serta panitia pembangunan Pura Agung Jagatnatha Nusantara ke SMA/SMK Negeri Bali Mandara di Kubutambahan, Buleleng pada Sabtu (6/01) pagi.

Lebih lanjut, Pastika mengatakan jika setiap hadir ke sekolah kebanggaan masyarakat Bali tersebut dirinya selalu terharu dan tak mampu untuk menahan air matanya keluar. Semangat para peserta didik yang begitu tinggi dan dedikasi luar biasa dari para pendidiknya, membuat Pastika yakin jika kedepannya banyak calon pemimpin akan lahir dari Sekolah Bali Mandara.

"Jujur, setiap saya hadir disini, tidak pernah saya bisa menahan haru. Dulu banyak yang menyangsikan keberadaan sekolah ini, tapi semakin hari, kini perhatian orang kepada kalian semakin baik. Saya berpesan jangan semua ini menjadikan kalian terlena akan pujian-pujian itu. Karena jalan kalian masih panjang kedepan, bukan hanya saat ini saja. Tolong gunakan kesempatan ini dengan baik. Pada kesempatan ini, saya juga memberikan apresiasi atas dedikasi para guru yang selama ini telah membimbing para siswa. Saya yakin banyak calon pemimpin masa depan akan lahir dari sini. Jadilah kalian anak yang suputra, berguna bagi masyarakat, negara dan bangsa," tutup Pastika.

Sementara mewakili SMA/SMK Negeri Bali Mandara, Nyoman Darta mengungkapkan rasa bangganya atas kehadiran Gubernur Pastika beserta rombongan. Menurut Darta, kehadiran Gubernur Pastika beserta rombongan akan membawa vibrasi positif bagi keluarga besar SMA/SMK Negeri Bali Mandara.

"Saya merasa bangga karena pada hari ini dikunjungi oleh bapak Gubernur, para sulinggih dan yang lainnya. Ini akan menjadi vibrasi positif bagi kami untuk melangkah kedepan. Sekolah ini di inisiasi oleh gubernur Bali Made Mangku Pastika.
Sekolah ini dibuat bagi masyarakat miskin yang ada di Bali. Kemarin anak-anak kita baru selesai melaksanakan Praktik Kerja Industri (Prakerin), para industri mengatakan jika anak didik kita selain karakter, moral juga berbeda dari sekolah lainnya. Ini sejalan dengan program kita untuk menjadikan anak didik disini sebagai generasi pencipta, bukan perusak," ungkap Darta.

Sementara itu, Ida Rsi Wisesa Natha, mewakili rombongan mengatakan jika SMA/SMK Negeri Bali Mandara merupakan sekolah terbaik yang dimiliki oleh Bali saat ini. Menurutnya, masyarakat Bli harus bangga dengan keberadaan sekolah bagi masyarakat miskin tesebut.

"Saya yakin, semua yang hadir disini pasti akan menginspirasi. Pendidikan Bali Mandara ini, adalah salah satu karya terbaik dari gubernur Bali. Ini sangat luar biasa. Kita harus bangga telah ada sekolah bagi masyarakat miskin yang sangat berkualitas di Bali. Saya juga mengucapkan terimakasih kepada bapak gubernur, kepala sekolah, guru yang telah memberikan yang terbaik bagi bangsa ini," pujinya.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Bali beserta rombongan diajak untuk berkeliling sekolah melihat langsung seperti apa sekolah Bali Mandara tersebut.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com