Lomba Busana Adat Kepura, Kenalkan Budaya Pada Wisatawan Asing - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

12/8/17

Lomba Busana Adat Kepura, Kenalkan Budaya Pada Wisatawan Asing


Klungkung, Dewata News. Com - Pagelaran Nusa Penida Festival IV Tahun 2017 kembali dimeriahkan dengan pelaksanaan lomba busana adat kepura. Seperti tahun-tahun sebelumnya, peserta lomba ini melibatkan tamu/turis yang sedang berlibur dan menginap di Lembongan. Sebanyak lima pasangan wisatawan asing mengikuti kegiatan yang dilaksanakan di pantai Mahagiri Desa Jungutbatu Nusa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida, Kamis (7/12). 

Bak model profesional, para peserta tidak canggung berlenggok diatas panggung. Mereka terlihat gemulai berparade dihadapan dewan juri dan ribuan penonton. Sesuai konsep lomba berbusana kepura, para peserta tampil lengkap dengan sarana persembahyangan. 

Ketua Tim Penilai lomba berbusana adat kepura, Guru Mirah Maharani menyampaikan pelaksanaan lomba berbusana adat kepura yang baik dan benar adalah untuk mengenalkan 
kepada wisatawan asing tentang budaya hindu khususnya tata cara berbusana adat kepura yang baik dan benar. "Banyak wisatawan asing yang ingin tahu tentang budaya, sehingga dengan pelaksanaan lomba busana adat ini mereka tahu tentang budaya hindu," ujar Guru Mirah.  

Menurut dia, selain mengenalkan tentang budaya hindu kepada wisatawan, lomba ini juga sebagai media untuk menyampaikan kepada masyarakat tentang tata cara berbusana kepura yang baik dan benar. "Lomba ini juga sebagai media sosialisasi kepada masyarakat tentang tata cara berpakaian kepura yang baik dan benar," paparnya. 

Beberapa peserta mengaku senang mengikuti lomba berbusana adat ke pura ini. Menurut Rosie wisatawan asal Inggris, penampilannya mengikuti lomba ini sangat berkesan mengingat ini merupakan kali pertama dirinya mengenakan pakaian adat hindu. "Bagi saya ini sangat penting dan berkesan karena ini pertama kalinya saya mengenakan busana adat Bali," ujar Rosie ditimpali pasangannya, Igor. 

Menurut Igor, kesempatan mengikuti lomba ini menjadi sebuah pengalaman yang menyenangkan. Wisatawan asal Ceko ini mengaku akan mencoba mengikuti lomba lainnya dalam perhelatan tahunan ini. "Saya pastikan saya akan mencoba untuk mengikuti lomba yang lainnya. Ini sangat-sangat menyenangkan," akunya.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com