Tukar Wawasan, Dekranasda Buleleng Kunjungi Dekranasda Bantul

Bantul, Dewata News. Com —  Dalam rangka saling tukar wawasan dan pengetahuan tentang kerajinan    daerah serta saling menyerap ilmu sa...


Bantul, Dewata News. Com — Dalam rangka saling tukar wawasan dan pengetahuan tentang kerajinan  daerah serta saling menyerap ilmu satu sama lain, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Buleleng mengunjungi Dekranasda Kabupaten Bantul, Yogyakarta, Selasa (21/11).
 
Rombongan Dekranasda Kabupaten Buleleng yang terdiri dari Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Drs. Ketut Suparto, MMA, Ny. Ayu Wardhany Sutjidra, Ny. Indriani Puspaka serta para pengrajin dipimpin langsung oleh Ketua Dekranasda Buleleng, Ny. Aries Suradnyana.
 
Rombongan diterima langsung oleh Ketua Dekranasda Kabupaten Bantul, Hj. Erna Suharsono di Lantai II Showroom Dekranasda Kabupaten Bantul.
 
Ketua Dekranasda Buleleng, Ny. Aries Suradnyana menjelaskan, kunjungan ini bertujuan untuk saling bertukar wawasan, pengetahuan, dan juga penanganan para pengrajin yang ada. Dari kunjungan ini, Dekranasda Buleleng bisa mengambil pelajaran dari Dekranasda Bantul dan juga bisa membandingkan bagaimana capaian dari masing-masing daerah.
 
”Kami bisa mencontoh Bantul ini. Kami bisa kerahkan dari tim kecamatan untuk mendampingi para pengrajin bagaimana mereka bisa mengembangkan industri kerajinan mereka tentunya dengan fasilitas dari kabupaten,” jelasnya.
 
Dekranasda Bantul juga sudah memilikishowroom untuk menampilkan hasil dari para pengrajin Bantul yang sangat banyak. Oleh karena itu diperlukanshowroom seperti itu. Hal tersebut juga bisa dicontoh oleh Dekranasda Kabupaten Buleleng. Ke depan, jika lahan tersedia, Buleleng juga akan membangun showroom seperti itu.
”Masalah di Buleleng adalah tempat. Ke depan jika sudah tersedia akan kami bangun. Namun, selama ini jika ada kunjungan dari daerah lain kami akan kumpulkan pengrajin di suatu tempat untuk memamerkan hasil kerajinannya,” ungkap Aries Suradnyana.
 
Sementara itu, Hj. Erna Suharsono mengapresiasi kunjungan dari Dekranasda Kabupaten Buleleng ini. Dengan kunjungan ini, dirinya juga berharap dapat memetik ilmu dari Kabupaten Buleleng. Selain itu, Dekranasda Kabupaten Bantul, menurutnya, siap berkolaborasi dengan Dekranasda Kabupaten Buleleng untuk kerajinan-kerajinan. Kebetulan kerajinan Bantul mirip-mirip dengan kerajinan Buleleng, seperti Bantul mempunyai Batik dan Buleleng mempunyai endek. ”Jadi nanti  kita bisa bekerjasama agar ada inovasi baru,” tandasnya.
 
Usai kegiatan rombongan yang dipimpin Ny. Aries Suradnyana berkesempatan untuk melihat hasil kerajinan yang ada di showroomkerajinan milik Kabupaten Bantul dan juga berkesempatan untuk mengunjungi pusat-pusat kerajinan yang ada di Kabupaten Bantul.(DN ~ TiR).—

Berita Terkait

Kabar Buleleng 2993058297569797073

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Populer

item