Perangkat Desa di Klungkung Belajar Aplikasi SISKEUDES

Klungkung, Dewata News. Com -  Untuk meningkatkan wawasan pengetahuan serta keterampilan dalam mengelola keuangan, sejumlah perangkat d...


Klungkung, Dewata News. Com - Untuk meningkatkan wawasan pengetahuan serta keterampilan dalam mengelola keuangan, sejumlah perangkat desa di Kabupaten Klungkung diberi pelatihan Aplikasi Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES). Pelatihan ini menunjuk Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 113 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Keuangan Desa berbasis IT. 

Pelatihan dibuka Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta di SKB Banjarangkan, Senin (20/11). Pelatihan yang digelar selama dua hari, 20-21 Nopember ini diikuti sebanyak 136 perserta. Terdiri dari Kaur Keuangan atau Bendahara Desa, Operator Siskeudes, Admin Siskeudes Kecamatan, Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat, Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa.

Bupati Suwirta dalam sambutannya berharap aplikasi ini dapat mempermudah desa dalam melaporkan kegiatan yang menggunakan anggaran dana desa maupun alokasi dana desa. Dengan aplikasi ini akan muncul data valid yang memperlihatkan kinerja masing-masing perangkat desa. Agar bisa berjalan baik, Bupati meminta aplikasi ini dioperasikan oleh operator yang memang mempunyai keahlian dibidangnya. “Jadilah perangkat desa jaman now, jangan jaman dodol. Dijaman yang sudah maju dari segi IT, cara manual harus diganti dengan sistem aplikasi sehingga akan semakin mempermudah kita dalam mengatur sistem keuangan desa dan data juga akan lebih valid,” ujar Bupati Suwirta. 

Selain aplikasi SISKEUDES, Web Desa juga harus saling terintegrasi. Bupati berharap data dari kedua sistem aplikasi ini seimbang sehingga saat Klungkung sudah menjadi Smart City seluruh program maupun aplikasi yang ada didesa akan bisa diakses melalui satu data base. "Ini akan menunjukkan transparansi keuangan disetiap desa di Kabupaten Klungkung," sebutnya. 

Auditor Madya Pengendali Teknis BPKP Perwakilan Bali Ida Kustini menyampaikan Aplikasi keuangan desa ini menggunakan database Microsoft Acces sehingga lebih portable dan mudah diterapkan oleh pengguna aplikasi yang awam sekalipun. Secara teknis transaksi keuangan desa termasuk dalam kelompok skala kecil, sehingga sangat membantu desa dalam melaksanakan tata kelola keuangan desa secara efektif dan efisien. 

Kepala Badan PMPKBPD Klungkung I Wayan Suteja menyampaikan pelatihan ini untuk meningkatkan wawasan pengetahuan serta keterampilan Perangkat Desa dalam mengelola keuangan desa melalui Aplikasi Siskeudes sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 113 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Keuangan Desa. Bimbingan Teknis Tata Kelola Keuangan Desa Melalui Aplikasi Siskeudes dilaksanakan selama dua hari, 20-21 November 2017. Pelatihan diikuti 136 perserta dari Kaur Keuangan atau Bendahara Desa, Operator Siskeudes, Admin Siskeudes Kecamatan, Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat, Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa. Adapun Materi yang diberikan dalam Bimbingan Teknis Tata Kelola Keuangan Desa  melalui Aplikasi Siskeudes yaitu Aplikasi Siskeudes atau Proses Penganggaran APB Desa dan Prose Penatausahaan APB Desa.

Berita Terkait

Kabar Klungkung 1810737641419151660

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Populer

item