Pemprov Bali Anugrahkan Adhyasta Prajaniti Kepada 3 Nominator OPD Nilai Terbaik

Denpasar, Dewata News. Com -  Sebagai bentuk apresiasi dan motivasi terhadap keberhasilan pengawasan yang dilakukan kepada seluruh Pera...


Denpasar, Dewata News. Com - Sebagai bentuk apresiasi dan motivasi terhadap keberhasilan pengawasan yang dilakukan kepada seluruh Perangkat Daerah dilingkungannya dalam upaya mewujudkan tata kelola pemerintahan yang akuntabel, baik dan bersih (good government and good governance), Pemerintah Provinsi Bali melalui Inspektorat Provinsi Bali menganugrahkan Penghargaan Adhyasta Prajaniti kepada 3 nominator Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dengan nilai terbaik, yang diserahkan secara langsung oleh Wagub Ketut Sudikerta yang kala itu mewakili Gubernur Bali di ruang pertemuan Sabha Mandara Utama Kantor Inspektorat Provinsi Bali, Rabu (22/11).

Dalam sambutannya yg dibacakan Wagub Sudikerta, Gubernur Bali menyatakan penghargaan tersebut juga bertujuan memberikan keyakinan yang memadai bahwa penyelenggaraan pemerintahan daerah dapat berjalan secara efektif, ekonomis dan efisien serta dalam upaya meningkatkan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan. Sehingga dipandang perlu melakukan penilaian/evaluasi dan memberikan penghargaan kepada perangkat daerah yang telah melaksanakan kinerja dan pengelolaan manajemen organisasi dengan baik.

Masih dalam sambutan tersebut, Gubernur Pastika lebih jauh mengharapkan OPD yang berhasil meraih penghargaan agar dapat terus meningkatkan kinerja dan berinovasi dalam pelaksanaan program/kegiatan, sedangkan bagi OPD yang belum berhasil diharapkan dalam melaksanakan program kegiatan selalu berpedoman pada Standar Pelayanan Minimal (SPM), Norma Standar Prosedur dan Kriteria (NSPK) maupun Standar Operasional Prosedur (SOP) yang ada.

Sementara itu, Inspektur Provinsi Bali Ketut Teneng menjelaskan penghargaan yang diberikan kepada OPD dengan nilai terbaik didasarkan pada beberapa indikator penilaian diantaranya berupa jumlah temuan paling sedikit, kecepatan melaksanakan tindak lanjut, serta ketepatan dalam penyelesaian tindak lanjut. Terkait proses penilaian menurutnya selain melibatkan internal Inspektorat Provinsi Bali, juga melibatkan pihak eksternal yakni asesor dari BPKP Perwakilan Provinsi Bali, Asisten Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Bali, dan akademisi. Seluruh OPD dilingkungan Provinsi Bali sebelumnya dinilai untuk diranking menjadi 12 nominator dengan nilai terbaik, berikutnya dinilai kembali menjadi 6 nominator untuk selanjutnya dipilih 3 nominator dengan nilai terbaik.

Dalam acara penganugrahan penghargaan yang juga turut dihadiri Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Bali Ny. Ayu Pastika, ditetapkan 3 OPD yang berhak menyabet penghargaan tersebut yakni Terbaik I adalah Rumah Sakit Mata Bali Mandara Provinsi Bali dengan nilai 93,33, Terbaik II adalah Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Bali dengan nilai 89,57, serta Terbaik III kepada Bappeda Litbang Provinsi Bali dengan nilai 88,44. Ketiga OPD tersebut berhasil menyisihkan 3 OPD nominator lainnya yang mendapat penilaian lebih kecil, yakni masing-masing Dinas Kesehatan Provinsi Bali dengan nilai 88,31, Dinas Sosial Provinsi Bali dengan nilai 86,73, serta Biro Hukum dan HAM setda Provinsi Bali dengan nilai 85,84.  

Berita Terkait

Breaking News 4757980043955607181

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Populer

item