Peluncuran Buku “ Merdeka Seratus Persen” Kapten TNI A.A Gde Anom Mudita

Bangli, Dewata News. Com -  Bertempat di Balai Banjar Desa Penglipuran Kamis (23/11) Peluncuran Buku dan Pameran Lukisan “ Merdeka Sera...


Bangli, Dewata News. Com - Bertempat di Balai Banjar Desa Penglipuran Kamis (23/11) Peluncuran Buku dan Pameran Lukisan “ Merdeka Seratus Persen” Kapten TNI A.A Gde Anom Mudita yang dihadiri Kepala Dinas Kebudayaan Prov.Bali Drs. Dewa Putu Beratha,M.Si, Bupati Bangli I Made Gianyar, Ketua DPRD Kab.Bangli Ngakan Kuta Parwata, Ketua LVRI Prov Bali I Gusti Bagus Saputra,SH, Forkopimda Kab.Bangli , Ketua cabang LVRI se Bali , Keluarga Besar Pahlawan I Gusti Ngurah Rai dan Kapten TNI TNI A.A Gde Anom Mudita.

Dalam laporan ketua panitia acara I Nengah Sudibia mengatakan tujuan dari peluncuran buku Merdeka Seratus Persen Pahlawan Kapten TNI A.A Gde Anom Mudita yang ditulis oleh Satria mahardika Putra Kelahiran Cilacap Jawa Tengah atas dasar hasil keputusan prajuru adat dan prajuru dinas penglipuran dengan penglingsir puri Kilian Bangli. Besar harapan dengan peluncuran buku ini  untuk mengenang dan mengetahui sejarah Pahlawan Kapten TNI AA Gde Anom Mudita dimana ini sebagai motivasi untuk melanjutkan cita-cita luhur para pahlawan dalam mengisi kemerdekaan bagi kita semua.

Selaku Bupati Bangli Made Gianyar dalam sambutannya mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya atas ide besar terkait dengan spirit“jasmerah” jangan sekali kali melupakan sejarah. Menurut Made Gianyar kita harus bisa mencintai, mengenali dan memahami sejarah. merasa bahagia dan bangga didalam setiap pekikan NKRI,Pancasila ,UUD 45 dan Kebinekaan Bangli ada didalamnya itu semua karna Putra terbaik Bangli A.A Gde Anom Mudita Merupakan representasi dari sebuah perjuangan bahwa Bangli pun terdepan dalam kemerdekaan Republik ini. Dan berharap Peluncuran Buku ini dapat memberi nilai positif dan spirit membangun untuk generasi muda kedepan.

Dalam sambutan Gubernur Bali yang dibacakan Kadis Kebudayaan Prov Bali I Gusti Bagus Saputra,SH mengatakan Bangsa yang besar adalah bangsa yang senantiasa mengingat jasa para pahlawan yang telah gugur mengorbankan jiwa dan raganya untuk merebut kemerdekaan. Dimana nilai-nilai perjuangan para pahlawan hendaknya senantiasa kita jadikan spririt untuk menjadikan bangsa kita tetap sebagai bangsa terhormat di dunia. kita semua sadar perjuangan pergerakan kemerdekaan di Bali pada umumnya dipelopori oleh para tokoh masyarakat yang berjiwa ksatria dari kalangan Puri. 0leh karena itu Gubernur Bali menyambut baik acara peluncuran buku “ Merdeka Seratus Persen “ Pahlawan TNI A.A Gde Anom Mudita, dimana kita semua generasi muda dapat pelajaran yang sangat berharga atas spirit perjuangan dengan segala keterbatasan pada jaman itu untuk dapat dijadikan pedoman dalam mengisi Pembangunan Bali di era globalisasi sekarang ini guna terwujudnya masyarakat Bali yang maju,aman,damai dan sejahtera.

Selaku penglingsir puri A. Agung Gd Bagus Ardana mengungkapkan sebagai Purana dapat menghadirkan pemahaman tentang tabir yang ada dibalik terbangunnya Candi Pahlawan di Penglipuran dan juga tugu di Puri Kilian Bangli.  kisah sejarah yang mengandung nilai sejarah membutuhkan kecermatan dan kehati-hatian dalam menyeleksi dan menganalisa data yang tersedia , hal ini menjadi semakin tidak mudah sebab sebagian besar pelaku sudah meninggal dunia , sehingga acapkali menimbulkan pertanyaan tentang etika dan kepantasan yang pada gilirannya dapat mengusik kenyamanan rasa. Hanya niat untuk menyajikan kebenaran peristiwa secara utuh yang melandasi penulisan buku ini. Ditambahkan menurut Agung Bagus Ardana banyak peristiwa dan pelaku sejarah tidak mungkin dapat ditampung semuanya, walau ada keinginan untuk menggali lebih dalam dan luas agar buku ini mendekati kesempurnaan. Untuk itu apabila ada keluarga pelaku peristiwa yang layak dicatat terlewatkan dalam penulisannya pihaknya mohon permaklumannya.”ungkap Agung Gd Bagus Ardana.

Dalam peluncuran buku ini juga dilaksanakan penyerahan Piagam Desa Pejuang yang langsung diserahkan oleh Ketua LVRI Prov. Bali ( Legiun Veteran Republik Indonesia ) I Gusti Bagus Saputra,SH kepada empat desa Pejuang yang diterima oleh Bendesa Adat Penglipuran, Bendesa Adat Puraja, Bendesa Adat Malet Gusti, dan Bendesa Adat manikliyu.

Dalam kesempatan ini juga Ketua LVRI Prov Bali I Gusti Bagus Saputra berharap perhatian dari  pemerintah untuk mengusulkan  Kapten TNI A.A Gde Anom Mudita sudah sepantasnya  menjadi Pahlawan Nasional mengingat jasa dan perjuangannya begitu besar untuk kemerdekaan Republik Indonesia.

Berita Terkait

Kabar Bangli 8751101360841158235

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Populer

item