Musim Hujan Tiba, Dinas Perkimta Tanam Ribuan Pohon di Musim Hujan

Buleleng, Dewata News. Com —  Memasuki musim hujan, Dinas Perumahan Permukiman dan Pertanahan (Perkimta) Kabupaten Buleleng melakukan g...


Buleleng, Dewata News. Com — Memasuki musim hujan, Dinas Perumahan Permukiman dan Pertanahan (Perkimta) Kabupaten Buleleng melakukan gerakan penanaman ribuan tanaman penghijauan dalam kawasan Kota Singaraja.
 
Sasarannya? Menurut Kabid RTH Dinas Perkimta Buleleng, I Gede Melandrat, untuk melengkapi penataan permukiman kawasan perkotaan tahun 2017 ini, dengan  menyiapkan sekitar 35.897 tanaman dari berbagai jenis. Untuk pohon besar, seperti ketapang kencana, kamboja atau jepun bali dan tanaman perdu atau estetika di setiap telajakan yang nantinya diharapkan bukan hanya sebatas mampu menghadirkan nuansa kesejukan, namun juga memiliki unsur seni, asri dan indah.
 
I Gede Melandrat juga mengatakan, untuk mendukung pertumbuhan ribuan pohon yang ditanam di musim penghujan ini, pihaknya berharap peran dan partisipasi masyarakat sangat diperlukan untuk bersama-sama menjaga, memelihara dan merawat kelangsungan hidup ribuan tanaman yang telah ditanam di hanpir semua telajakan dalam wilayah perkotaan Singaraja.
 
”Termasuk untuk menambah kesejukan dan keindahan kota, kami juga melengkapi dengan tanaman dalam pot berjumlah ratusan tanaman dari jenis yang ditempatkan di atas trotoar di kawasan-kawasan tertentu yang semuanya memiliki fungsi hidrologis”, ucapnya di Singaraja, Jumat (17/11).
 
Memasuki musim hujan, menurut I Gede Melandrat, selain melakukan penanaman, Dinas Perkimta Buleleng juga melaksanakan pemeliharaan dan pemangkasan sesuai tupoksi yang diemban. Khusus untuk tanaman pinggir jalan atau batas jalan secara rutin dilakukan pemeliharaan dan pemangkasan secara terjadwal setiap hari.
 
Mengadalkan satu satunya sarana prasarana alat mobil trailer untuk pemangkasan berkekuatan 7 meter, terhadap pohon yang menjulang tingginya melebihi 7 meter tetap dilakukan pemangkasan untuk direndahkan, dengan ketentuan pohon tersebut masih aman dari segi umur tanaman, ranting masih kuat.
 
Ia juga menjelaskan, bahwa Dinas Perkimta Buleleng siap membantu dan melayani permintaan warga masyarakat untuk pemangkasan pohon tanaman yang menjulang tinggi dan besar dalam pekarangan rumahnya. (DN ~ TiR).—

Berita Terkait

Kabar Buleleng 5990827728079871807

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Populer

item