Gandeng Kemenpar RI dan Undiksha, Pemkab Buleleng Kembangkan Pariwisata Berkelanjutan Bali Utara

Buleleng, Dewata News. Com —  Guna mengembangkan pariwisata berkelanjutan, Pemkab Buleleng menjalin kerjasama dengan Universitas Pendi...


Buleleng, Dewata News. Com — Guna mengembangkan pariwisata berkelanjutan, Pemkab Buleleng menjalin kerjasama dengan Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) dan Kementrian Pariwisata (Kemenpar) RI. Jalinan kerjasama untuk pengembangan kepariwisataan di Bali Utara itu ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Undertanding (MoU) antara tiga pihak tersebut, yang diselenggarakan di Ballroom Kasultanan Hotel Royal Ambarukmo, Yogyakarta, Selasa (31/10).
 
Penandatanganan yang dirangkaikan dengan International Conference on Sustainable Tourism (ICST) 2017 dihadiri oleh Asisten Deputi Pengembangan Infrastruktur dan Ekosistem Pariwisata, Frans Teguh mewakili Kemenpar RI. Sedangkan Asisten Bidang Pemerintahan Setda Kabupaten Buleleng, Made Arya Sukerta mewakili Bupati PAS. Sementara dari pihak Undiksha langsung hadir  dan Rektor Undiksha, Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd.
 
Frans Teguh menjelaskan, bahwa Pariwisata berkelanjutan merupakan pariwisata yang mengundang semua pihak, terutama anggota masyarakat untuk mengelola sumber daya dengan cara yang memenuhi kebutuhan ekonomi, sosial, dan estetika. Hal tersebut dilakukan sambil memastikan keberlanjutan budaya lokal, habitat alam, keanekaragaman hayati, dan sistem pendukung penting lainnya.
 
”Serangkaian pengembangan pariwisata berkelanjutan ini sangat diperlukan partisipasi seluruh elemen masyarakat," jelasnya.
 
Frans Teguh juga mengatakan, pencapaian pariwisata berkelanjutan merupakan proses yang berkesinambungan dan membutuhkan pemantauan yang konstan, inovasi menganai langkah-langkah pencegahan dan perbaikan yang diperlukan terhadap dampak dari kegiatan pariwisata.
 
"Dengan MoU ini, Kemenpar akan membantu dan bekerjasama dengan Pemkab Buleleng guna mengembangkan pariwisata berkelanjutan di daerah itu," kata Frans Teguh.
 
Sementara itu, Ass.I Setda Buleleng, Made Arya Sukerta mengungkapkan, bahwa penandatanganan MoU ini sangat bermanfaat bagi Kabupaten Buleleng. Bermanfaat, lanjut Arya Sukerta, mengingat Kabupaten Buleleng saat ini sedang mengembangkan pariwisata dengan sangat gencar.
 
Beberapa isi dari MoU jelas sebagai upaya dari Pemkab Buleleng sendiri bersama Kemenpar RI dan Undiksha untuk memajukan pariwisata Bali Utara secara berkelanjutan. "Isi dariMoU ini secara keseluruhan adalah sebagai upaya memajukan pariwisata Buleleng secara berkelanjutan dengan menggandeng akademisi dari Undiksha dan juga Kemenpar RI," jelasnya.
 
Rektor Undiksha,Nyoman Jampel menyatakan kesiapan lembaga pendidikan tenaga kependidikan yang dipimpinnya untuk membantu Pemkab Buleleng mengembangkan pariwisata berkelanjutan.
 
Adapun beberapa poin dari MoU ini, antara lain peningkatan kualitas sumber daya manusia bidang pariwisata, peningkatan kualitas penelitian dan pengembangan informasi pariwisata berkelanjutan, serta pengabdian kepada masyarakat.
 
Menurut Nyoman Jampel, Undiksha sendiri siap mengerahkan seluruh sumber daya yang dimiliki. "Kami siap membantu dan bekerjasama dengan mengerahkan sumber daya manusia yang kami punya," imbuhnya. (DN ~ TiR).—

Berita Terkait

Kabar Buleleng 3603540482710411732

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com

emo-but-icon

Siapa Calon Gubernur Bali 2018 Pilihan Anda ?

Populer

item