Dorong Percepatan Pembangunan Pelabuhan Segi Tiga Emas - Dewata News

Breaking News

Gold Ads (1170 x 350)

11/9/17

Dorong Percepatan Pembangunan Pelabuhan Segi Tiga Emas


Klungkung, Dewata News. Com - Untuk mengimbangi pesatnya perkembangan pariwisata di Kecamatan Nusa Penida dibutuhkan sarana penunjang yang memadai, salah satunya pelabuhan. Realisasi pembangunan segi tiga emas yang dirancang Pemkab Klungkung pun didorong percepatan pembangunannya. Hal tersebut terungkap dalam rapat pembahasan Finalisasi Master Plan dan DED Penataan Pelabuhan Sampalan Nusa Penida di Ruang rapat Bupati Klungkung, Kamis (9/11). 

Pembangunan maupun penataan pelabuhan  segitiga emas ini, selain untuk menguatkan konektivitas antara Klungkung daratan dengan Nusa Penida dan Nusa Lembongan, juga untuk memperkuat daya saing destinasi pariwisata. Selain itu untuk mengurangi kerusakan biota laut dipesisir pantai akibat banyaknya area pantai yang digunakan sebagai pelabuhan. 

Menurut Konsultan dari Multi Habitat, Ginanjar, pengembangan Pelabuhan Sampalan nantinya akan mampu menampung Delapan (8) Speedboat sekali sandar.  Menggunakan lahan seluas +5000m2 bangunan dermaga mampu menampung 300 penumpang serta area parkir kendaraan yang cukup luas.  

Menanggapi pemaparan tersebut, Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta meminta peningkatan kapasitas penumpang pada gedung pelabuhan. Mengingat kondisi saat ini jumlah penumpang sangat banyak, terutama ketika musim libur dan hari raya. 
Menurut Bupati, pengoperasian dermaga nantinya akan dikelola oleh Badan Pengelola sehingga manajeman dan pelayanan kepada pengguna maupun pengusaha akan berjalan lebih baik. “Dalam pengoperasian dermaga nantinya akan dikelola oleh Badan Pengelola dengan gaya swasta, dengan begitu manajemen dan pelayanan kepada pengguna maupun pengusaha boat diharapkan akan lebih baik,” ujar Bupati Suwirta. 

Pemkab Klungkung merancang pembangunan tiga pelabuhan sebagai pintu utama. Pelabuhan segi tiga emas ini nantinya menjadi salah satu andalan Pemkab Klungkung dalam peningkatan PAD. Pelabuhan ini akan dibangun di pantai Desa Pesinggahan, Kecamatan Dawan, pantai Sampalan, Kecamatan Nusa Penida dan di pantai Ceningan, Kecamatan Nusa Penida. Dengan adanya pelabuhan ini akan lebih memudahkan petugas melakukan pengawasan.

No comments:

Post a Comment

Redaksi DEWATA NEWS menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di DEWATA NEWS . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi DEWATA NEWS akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.dewatanews.com